bdadinfo.com

Alhamdulillah, Satgas TNI Berhasil Selesaikan Sorti Terakhir Misi Evakuasi WNI di Sudan - News

Satgas TNI Berhasil Selesaikan Sorti Terakhir Misi Evakuasi WNI di Sudan (Puspen TNI)

Misi kemanusiaan yang dilakukan Satgas TNI, untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Sudan masih terus berlanjut.

Tidak hanya WNI saja, namun beberapa WNA juga berhasil dievakuasi ke Arab Saudi pada Sabtu 29 April 2023 kemarin. 

Sebanyak 28 WNI dan WNA yang berasal dari Bangladesh, Filipina, Australia, dan Djibouti berhasil dievakuasi dari Port Sudan ke Jeddah menggunakan pesawat B-737 A-7305 TNI AU, 

Baca Juga: Diawali di Tanah Datar, Prabowo Cicil 'Utang Budi' untuk Masyarakat Sumbar, Menhan Bakal Bangun Sekolah Unggul

"Hal ini menunjukan bahwa TNI dalam misi kemanusiaan tidak deskriminatif terhadap suku dan bangsa serta sebagai bagian dari masyarakat internasional, Indonesia menunjukan kontribusinya secara aktif," ungkap Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, dikutip Minggu 30 April 2023.

Sementara itu, kata Kadispenau, untuk para WNI saat ini masih dalam tahap proses pemulangan ke Tanah Air dari Jeddah ke Jakarta.

"Sesampainya di Jeddah WNA akan melanjutkan perjalanan kembali ke negara masing-masing," tuturnya. 

Baca Juga: Premier League 2022/23, Prediksi Bournemouth vs Leeds: Line Up, Head to Head dan Skor

Lebih jauh disampaikan Kadispenau, pada sorti terakhir ini Satgas TNI juga mengevakuasi personel KBRI Khartoum sebanyak empat orang, termasuk di dalamnya Dubes RI di Khartoum. Sunarko. Lalu, personel tim evakuasi ada nasional tujuh orang. 

"Mereka adalah bagian dari evakuasi terakhir demi memastikan semua WNI dapat dievakuasi ketempat yang aman. Sebuah perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari semua pihak," pungkasnya. 

Dengan demikian, jumlah yang sudah dievakuasi Satgas TNI keseluruhannya mencapai 372 orang, terdiri dari WNI 355 orang dan WNA 17 orang. 

Baca Juga: 'Perang' dengan Antonio Dedola, Nikita Mirzani Kasih Pengumuman: Ada Duit Rp100 Juta yang Unfollow Akunnya!

Sebagaimana diketahui, tim evakuasi dipimpin mission commander Kolonel Pnb Noto Casnoto.

Tim terdiri dari kru pesawat, personel Satbravo Kopasgat, Kesehatan, Psikolog, BAIS TNI, Puspen TNI, dan staf Kemenlu. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat