bdadinfo.com

Update Terbaru, Menlu Retno Marsudi Sebut Total 949 WNI Berhasil Dievakuasi dari Sudan - News

Menlu Retno Marsudi (Kemlu)

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan update terkini perihal evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dari Sudan yang saat ini sedang dilanda konflik internal.

Menlu Retno Marsudi menyatakan, per 1 Mei 2023 jumlah WNI yang berhasil dievakuasi dari Sudan berjumlah 949 orang. Adapun pada evakuasi tersebut tidak semua Warga Negara Indonesia ditempatkan di satu lokasi yang sama.

Data terbaru terkait evakuasi WNI dari Sudan tersebut diungkapkan Menlu Retno Marsudi ketika sedang menghadiri pertemuan Bilateral di Doha, Qatar.

Baca Juga: Masih Ada Waktu, Ini Niat, Ketentuan, dan Pilihan Puasa Syawal

Retno Marsudi menjelaskan, sebanyak 949 WNI telah dievakuasi dari Sudan dan dalam proses evakuasi tersebut, para WNI terbagi dalam beberapa kelompok di lokasi yang berbeda-beda.

Menlu menyebutkan, 930 orang WNI dievakuasi ke Kota Jeddah, Arab Saudi, 13 orang dievakuasi ke Negara Mesir, dan enam orang dievakuasi ke Negara Persatuan Emirat Arab.

Adapun untuk total WNI yang telah dipulangkan ke tanah air oleh Pemerintah Indonesia berjumlah 829 orang, dimana semua Warga Negara Indonesia dipulangkan melalui Kota Jeddah.

Baca Juga: Kalahkan Fulham dengan Skor 1-0, Liverpool Lanjutkan Tren Positif di Liga Primer Inggris

Menlu Retno menerangkan, para WNI dipulangkan dalam tiga tahap yang telah direncanakan sebelumnya, yakni: evakuasi tahap pertama berjumlah 385 orang yang tiba di Indonesia pada 28 April dengan pesawat Garuda Indonesia.

“Evakuasi tahap kedua berjumlah 363 orang yang tiba pada 30 April juga dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, kemudian pada evakuasi tahap ketiga sebanyak 75 orang tiba pada 1 Mei dengan menggunakan pesawat TNI AU,” kata Menlu Retno Marsudi, keterangan tertulis dikutip Rabu, 3 Mei 2023.

Kementerian Luar Negeri sendiri menyebutkan, terdapat enam WNI yang mengatur kepulangannya ke Indonesia secara mandiri. Selain itu, terdapat pemulangan tahap keempat dijadwalkan tiba di Jakarta pada 2 Mei dengan Garuda Indonesia.

Baca Juga: Komika Abdur Arsyad Didukung Anies Baswedan, Mamat Alkatiri Protes, Waduh!

Kemlu sendiri menyampaikan, dalam evakuasi tahap keempat tersebut rencananya akan mengevakuasi 100 WNI.

Retno Marsudi mengungkapkan rasa syukurnya setelah Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi para WNI dengan selamat. Menlu menambahkan, bahwa hingga kini banyak negara yang masih tengah berupaya untuk memulangkan para warganya dari Sudan.

“Kita patut bersyukur, proses evakuasi WNI dapat dijalankan dengan baik di tengah banyak negara yang masih berusaha mengevakuasi warga negaranya dari Sudan,” ungkapnya.

Baca Juga: Charles Leclerc Bantah Kabar Dirinya akan Pindah ke Mercedes, Sebut Ferrari Tim Impiannya

Menlu juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak termasuk pemerintah negara sahabat yang telah membatu dalam mengevakuasi para WNI dari Negara Sudan.

“Pada kesempatan ini, saya ingin sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Mesir dan Persatuan Emirat Arab yang telah membantu evakuasi beberapa WNI keluar dari Sudan,” tandasnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat