bdadinfo.com

Heboh! Patung Buddha Ditemukan di Mesir, Bukti Adanya Perdagangan Antara India-Romawi Kuno di Mesir? - News

Patung Buddha yang ditemui di Mesir

– Terdapat kabar terbaru yang menghebohkan dunia arkeologi, yaitu penemuan artefak patung buddha di Mesir.

Para arkeolog menemukan patung buddha ini di kota pelabuhan kuno di Mesir, yaitu Berenike.

Diperkirakan patung buddha tersebut dibuat pada masa Romawi Kuno menguasai Mesir.

Baca Juga: Oh Jadi Ini Penyebab Cuaca Panas di Indonesia Menurut BMKG, Ternyata...

Menurut Mariusz Gwiazda, direktur tim misi penelitian peninggalan kota kuno Berenike, patung buddha yang ditemukan tersebut mungkin terbuat dari batu yang berasal dari wilayah Istanbul dan dipahat di Berenika untuk dikirim ke India.

Selain itu menurut Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, ada peneliti yang mengatakan bahwa patung ini dipahat di kota Alexandria sekitar abad kedua masehi.

Dikutip dari Arabnews, patung tersebut memiliki tinggi 71cm, memiliki postur berdiri, tangan kiri nampak memegang sebagian pakaiannya, dan di belakang kepalanya terdapat matahari dan disebelahnya terdapat bunga teratai.

Baca Juga: May The 4th Be With You, Inilah Daftar Serial Star Wars di Disney+ Hotstar yang Seru untuk Diikuti

Selain patung buddha, di situs kota kuno Berenike juga ditemukan sebuah prasasti yang ditulis dalam bahasa Sanskerta yang ditelusuri berasal dari masa kekuasaan Kaisar Romawi Marcus Julius Philippus (244-249 Masehi).

Menurut Kementerian Barang Antik Mesir, penemuan patung buddha dan prasasti berbahasa Sanskerta ini menunjukkan bahwa antara Mesir ketika dijajah oleh Romawi Kuno dan India Kuno sudah terhubung sejak zaman dahulu kala melalui perdagangan.

“(Berenike) terletak di pusat jalur perdagangan yang menghubungkan Kekaisaran Romawi dengan banyak bagian dunia kuno”, kata Kementerian Barang Antik.

Baca Juga: Akibat ‘Dilaporkan' ke Polisi, Abdur Arsyad dan Mamat Alkatiri ‘Berantem' di Twitter, Bikin Ngakak!

Jadi penemuan patung buddha dan prasasti berbahasa Sanskerta di kota kuno Berenike ini menunjukkan bahwa hubungan antara Mesir dibawah kekuasaan Romawi kuno dan India kuno sudah terhubung oleh perdagangan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat