bdadinfo.com

Raja Charles III Naik Tahta Siap Memimpin Kerajaan Inggris - News

Raja Charles III Naik Tahta Siap Memimpin Kerajaan Inggris

HARIANAHLUAN.COM - Setelah sang ibunda, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia di Kastil Balmoral, Skotlandia, pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. Raja Charles III pun resmi menjadi pemimpin Kerajaan Inggris hari ini, Sabtu (6/5) di Westminster Abbey, London.

Acara penobatan yang berlangsung sejak pukul 11.00 siang waktu London itu dihadiri lebih dari 2 ribu tamu undangan di mana hampir seluruh pemimpin negara menjadi saksi sejarah.

"Saya, Charles dengan sungguh-sungguh dan tulus di depan Tuhan mengaku bersaksi, dan menyatakan bahwa saya adalah seorang Protestan yang setia," kata Charles dalam sumpah janji..

Baca Juga: Liga Indonesia Musim 2023/2024 Akan Dimulai 1 Juli 2023, Erick Thohir: Mulai Musim Ini Menggunakan Sistem VAR

"Dan bahwa saya akan menjunjung tinggi serta mempertahankan undang-undang yang berlaku dengan kekuatan terbaik saya," sambungnya.

Charles yang dilantik pada usia 74 tahun itu dinobatkan dengan mengikuti prosesi tradisi panjang yang dilakukan lebih dari 900 tahun.

Selain penobatan Raja Charles III, istrinya Camilla juga diangkat mendapat gelar Ratu Inggris.

Baca Juga: Newcastle vs Arsenal Liga Inggris, Ini Daftar Head to Head, Prediksi Susunan Pemain dan Skor

Setelah prosesi penobatan, Raja Charles III dan Ratu Camilla akan kembali ke Istana Buckingham dari Westminster Abbey menggunakan kereta kencana Gold State Coach.

Kereta kencana itu akan berjalan perlahan agar memberi waktu bagi Raja Charles III menyambut warga yang menantikan kehadiran pemimpin baru Inggris itu.

Raja Charles III sendiri akan mengambil peran sebagai kepala negara dari 14 negara persemakmuran termasuk Selandia Baru, Kanada, dan Australia.

Profil Raja Chales III

Raja Charles III Naik Tahta Siap Memimpin Kerajaan Inggris
Raja Charles III Naik Tahta Siap Memimpin Kerajaan Inggris

Raja Charles III adalah Raja Inggris saat ini. Ia resmi naik takhta Inggris pada 8 September 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat