bdadinfo.com

Cetak Sejarah di SEA Games 2023 Kamboja, Indonesia Raih Medali Emas Terbanyak Sepanjang Sejarah Keikutsertaan - News

Indonesia pecahkan sejarah perolehan medali emas sepanjang keikutsertaan SEA Games (Kementrian Pemuda dan Olahraga)

- Indonesia berhasil mencetak sejarah di ajang SEA Games 2023 Kamboja dengan berhasil memperoleh medali emas terbanyak sepanjang keikutsertaan Indonesia dalam kompetisi olahraga tingkat ASEAN tersebut.

Raihan medali emas terbanyak di SEA Games 2023 itu merupakan prestasi yang berhasil ditorehkan kontingen Indonesia dalam keikutsertaanya dalam ajang SEA Games yang diselenggarakan di luar negeri atau tidak sebagai tuan rumah.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo membenarkan raihan prestasi emas terbanyak SEA Games sepanjang keikutsertaan Indonesia dalam pesta olahraga tingkat ASEAN tersebut.

Baca Juga: Menkominfo Johnny G Plate Korupsi Proyek BTS 4G, Bagaimana Nasib Pembangunan 4.200 Menara Pemancar Internet?

“Indonesia sudah dapat 87 emas. Ini merupakan emas terbanyak sepanjang sejarah SEA Games ketika kita main diluar kandang kita sendiri,” kata Menpora Dito, keterangan tertulis dikutip Rabu, 17 Mei 2023.

Indonesia sendiri ditargetkan meraih 60 medali emas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ceremony pelepasan kontingen Indonesia ke Kamboja di Istana Merdeka Jakarta.

Target tersebut sejatinya cukup berat bagi menpora, meski ia positif dapat mencapai target yang diberikan Presiden.

Baca Juga: Meski Tak Dilarang, Menteri yang Kampanye pada Pemilu Harus Ajukan Cuti

Dalam perjalanannya, Indonesia berhasil memberikan raihan medali emas dari berbagai cabang olahraga yang diikuti di SEA Games 2023 Kamboja.

Atas hasil tersebut, Presiden Jokowi menaikkan kembali target medali emas untuk kontingen Indonesia menjadi 69 medali.

Namun, medali emas yang berhasil diraih Indonesia hingga penutupan SEA Games 2023 Kamboja pada Rabu, 17 Mei 2023 jauh melebihi target yang telah ditentukan oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Ditangkap Karena Dugaan Korupsi Penyediaan BTS, Begini Fungsi dan Komponen BTS

“Alhamdulillah ini (perolehan medali emas) meleset, meleset ke atas,” ungkap menpora.

Sebagai informasi, Indonesia berhasil bertengger di posisi ketiga dengan catatan 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 perunggu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat