bdadinfo.com

Menjelajahi Seramnya Terowongan Lubang Kalam Sawahlunto Sumbar, Jadi yang Terpanjang di Sumatera - News

Menjelajahi Seramnya Terowongan Lubang Kalam Sawahlunto Sumbar (sikamek.sumbarprov.go.id)

- Di balik keindahan pesona bentang alamnya yang begitu memukau dan sangat berkesan di setiap hati wisatawan, Sumatera Barat ternyata memiliki beberapa spot wisata yang terlihat menyeramkan.

Spot wisata yang terlihat menyeramkan ini tentu saja menyimpan sebuah peristiwa sejarah, Salah satunya adalah Terowongan Lubang Kalam.

Baca Juga: Rekomendasi Cara Healing Gratis yang Ampuh Mengusir Rasa Sedih: Suasana Hati jadi Baik Kembali

Terowongan Lubang Kalam merupakan salah satu situs bersejarah yang terletak di Sawahlunto, Sumatera Barat. Tepatnya terletak di lubang tembok, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Apabila dilihat sekilas, terowongan yang berada di Sawahlunto ini memang terasa menyeramkan karena kesan gelap dan angker bisa dirasakan. Walaupun begitu Terowongan Lubang Kalam ini tetap saja sebuah spot wisata di Sawahlunto.

Terowongan Lubang Kalam ini dibangun pada tahun 1892 dan setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 2 tahun untuk menyelesaikan pembangunan di tahun 1894.

Baca Juga: Jadwal SCTV Hari ini Jumat 26 Mei 2023 Lengkap Beserta Link Stream Gratis

Pembangunan terowongan ini dilakukan dengan melubangi bukit batu cadas dengan material beton dan atau semen.

Menjadi terowongan yang diperuntukan untuk perlintasan kereta api, pembangunan terowongan ini dilakukan pada jaman penjajahan Belanda.

Selain itu, dibangunnya Terowongan Lubang Kalam ini juga bertujuan sebagai pembuka akses daerah Sawahlunto dengan daerah luar.

Oleh karena itu, dengan adanya terowongan tersebut, maka Sawahlunto pun tidak lagi menjadi daerah yang terpencil dan terisolir.

Baca Juga: Paksa Bintang Tamu Disabilitas Ikut Senam, Acara yang Dipandu Ayu Ting Ting Ini Banjir Hujatan: Gak Mutu!

Hal ini juga memberikan manfaat untuk pertambangan batu bara yang dapat dengan mudah menyalurkan hasil tambangnya hingga dipasarkan ke dunia luas bahkan bisa sampai ke Eropa.

Bila kamu berkesempatan untuk menjelajahi terowongan ini, kamu bisa melihat di sepanjang Terowongan Lubang Kalam terdapat beberapa ruangan seperti bilik. Bilik ini dapat dijumpai di sisi kiri dan kanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat