bdadinfo.com

Gubernur: Reaktivasi Jalur Kereta Api Solusi Tekan Kemacetan di Sumbar - News

Gubernur: Reaktivasi Jalur Kereta Api Solusi Tekan Kemacetan di Sumbar (Humas Pemprov Sumbar )

- Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, reaktivasi jalur Kereta Api bisa menjadi solusi menekan kemacetan di provinsi itu.

Hal itu disampaikan pada pembukaan Sosialisasi Penyuluhan Regulasi Perkeretapian secara daring dari Istana Gubernur, Rabu, 24 Mei 2023.

"Reaktivasi jalur kereta api bisa mempersingkat waktu tempuh di jalur padat seperti rute Padang-Bukittinggi dan bisa menjadi solusi tekan angka kemacetan," katanya.

Baca Juga: Daftar ke KPU, Gerindra Bakal Usung Sendiri Calon Gubernur Sumbar di Pemilu 2024

Tak hanya rute Padang - Bukittinggi, Mahyeldi merinci, masih ada sejumlah jalur di Sumbar yang memiliki infrastruktur mumpuni seperti Lintas Kayu Tanam - Padang Panjang dan Padang Panjang - Batu Taba - Muaro Kalaban Sawahlunto, Lintas Naras - Sungai Limau, Lintas Muaro Kalaba-Muaro-Arah Logas.

Kendati demikian, Mahyeldi menyadari, saat ini tidak semua dari jalur tersebut layak untuk dilalui karena ada yang dirubah fungsi oleh masyarakat seperti menjadi rumah dan toko.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Dukung Sanggar Sofyani Ikuti Festival Montoire di Perancis

"Reaktivasi kereta api di Sumbar, menarik dibahas tapi sulit dieksekusi karena ada sejumlah jalur perlintasannya ada yang telah berubah fungsi menjadi rumah dan toko," ungkapnya. (ADPSB)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat