bdadinfo.com

Kenapa Provinsi Sumatera Barat Perlu Ganti Namanya Menjadi Provinsi Minangkabau, Ini Penjelasan Fadli Zon - News

Provinsi Sumatera Barat Perlu Ganti Namanya Menjadi Provinsi Minangkabau, Ini Penjelasan Fadli Zon

- Siapa yang tidak mengenal ketua Ikatan Keluarga Minangkabau yaitu Fadli Zon yang menyandang gelar Datuak Bijo Dirajo Nan Kuniang kelahiran 1 Juni 1971 adalah seorang politikus ini.

Dan Fadli Zon mantan aktivis Indonesia yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia periode 2014–2019 menyampaikan aspirasinya soal Provinsi Sumatera Barat perlu ganti namanya menjadi Provinsi Minangkabau.

"Kita tahu nama aceh-papua atau Bali juga sejak lama telah digunakan sebagai nama provinsi dan itu ada hubungannya dengan keistimewaan sejarah saya menilai masyarakat Minangkabau juga layak mendapatkan kehormatan serupa itu jika diuraikan setidaknya ada beberapa alasan kenapa nama Minangkabau pantas digunakan untuk menggantikan nama Sumatera Barat," ungkap Fadli Zon dalam kanal youtube Fadli Zon Official.

Provinsi Sumatera Barat perlu ganti nama menjadi provinsi Minangkabau beberapa minggu lalu menjadi topik hangat setelah muncul kesan diragukan dukungannya pada negara Pancasila perdebatan itu menimbulkan polemik.

"Saya mengusulkan agar provinsi Sumatera Barat diganti nama saja menjadi provinsi Minangkabau wacana mengubah nama provinsi Sumatera Barat menjadi provinsi Minangkabau.

Sebenarnya bukan hal baru. Bahkan sudah muncul sejak tahun 70-an namun gagasan itu kini makin relevan meskipun Saya lahir di tanah Jawa sebagai keturunan Minang saya sangat mendukung dan menyokong penggantian nama tersebut," ungkap Fadli Zon.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Suku Dayak yang Memperlihatkan Keindahan dan Keberagaman Budaya Indonesia

Fadli Zon menjelaskan bahwa nama Minangkabau Memang jauh lebih tepat dipakai jika ditinjau dari sisi sejarah dan kebudayaan.

Apalagi secara demografis di mana 88,0 35 persen masyarakat yang hidup di Sumatera Barat memang berasal dari etnis Minangkabau.

Usulan Perubahan tersebut bukan didorong sentimen etnisitas yang dangkal.

Provinsi Sumatera Barat Perlu Ganti Namanya Menjadi Provinsi Minangkabau, Ini Penjelasan Fadli Zon
Provinsi Sumatera Barat Perlu Ganti Namanya Menjadi Provinsi Minangkabau, Ini Penjelasan Fadli Zon

"Kita tahu nama aceh-papua atau Bal juga sejak lama telah digunakan sebagai nama provinsi dan itu ada hubungannya dengan keistimewaan sejarah budaya dan identitas yang melekat pada etnis bersangkutan saya menilai masyarakat Minangkabau juga layak mendapatkan kehormatan Serupa itu jika diuraikan," jelas Fadli Zon.

Dia menegaskan setidaknya ada beberapa alasan kenapa nama Minangkabau pantas digunakan untuk menggantikan nama Sumatera Barat.

Pertama, nama Minangkabau lebih mewakili identitas kebudayaan serta kesejarahan masyarakat yang ada di Sumatera Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat