bdadinfo.com

Proyek Pembangunan Jalan Tembus Pasar Baru-Alahan Panjang Kabupaten Solok Sumatera Barat Dipercepat - News

Proyek jalan tembus Pasar Baru-Alahan Panjang (Instagram @westsumatra_skyscrapercity)

 
Proyek pembangunan jalan tembus Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan hingga Alahan Panjang, Kabupaten 
 
Solok mengalami perkembangan terkini. Pengerjaan jalan yang dimulai sejak tahun 2008 lalu akhirnya dapat dilanjutkan setelah menghadapi kendala izin melintasi kawasan hutan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). 
 
Dengan keluarnya izin penggunaan hutan lindung dari Kementerian Kehutanan pada tahun 2021, proyek pembangunan jalan ini segera bisa dituntaskan.
 
Pembangunan jalan tembus Pasar Baru-Alahan Panjang ini diharapkan dapat selesai pada tahun 2024 mendatang. 
 
Saat ini, meski progres pembangunan jalan sudah berjalan cukup jauh, masih tersisa beberapa kilometer lagi agar kedua sisi jalan tersebut dapat terhubung sepenuhnya.
 
Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat para pekerja yang bekerja keras untuk menyelesaikan proyek ini tepat waktu.
 
Dengan selesainya proyek pembangunan jalan tembus ini, akan terjadi pemangkasan jarak tempuh sebesar 80 kilometer bagi para pengendara yang hendak melewati kota Padang. 
 
Jalan tembus sepanjang 44 kilometer ini menghubungkan Kabupaten Solok dengan Kabupaten Pesisir Selatan, memudahkan akses perjalanan menuju kedua daerah bertetangga tersebut tanpa harus memutar jauh melalui Sitinjau Laut dan Kota Padang.
 
Selain memberikan kemudahan akses bagi masyarakat sekitar, jalan tembus ini juga memberikan manfaat besar bagi para wisatawan. 
 
 
Terutama mereka yang akan mengunjungi Kawasan Wisata Bahari Mandeh di Pesisir Selatan atau Kawasan Wisata Dataran Tinggi Alahan Panjang dan sekitarnya. 
 
Akses yang lebih mudah dan cepat ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, serta memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata di kedua daerah tersebut.
 
Pemerintah daerah setempat juga berharap bahwa pembangunan jalan tembus ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal. 
 
 
Akses yang lebih lancar akan membuka peluang baru bagi pengembangan sektor pariwisata, perdagangan, dan investasi di Pesisir Selatan dan Alahan Panjang.
 
Dengan progres terkini proyek pembangunan jalan tembus Pasar Baru-Alahan Panjang yang semakin membaik, harapan akan adanya konektivitas yang lebih baik antara dua daerah ini semakin mendekati kenyataan. 
 
Keberhasilan proyek ini diharapkan dapat menjadi contoh positif bagi pembangunan infrastruktur lainnya di wilayah ini.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat