bdadinfo.com

Deretan Kota Terkaya di Sumatera Barat, Nomor. 7 Memang Kota Paling Ngetop di Indonesia - News

Deretan Kota Terkaya di Sumatera Barat, Nomor. 7 Memang Kota Paling Ngetop di Indonesia

 

- Sumatera Barat mempunyai 12 kabupaten dan 7 kota. Namun diantara kota dan kabupaten tersebut mempunyai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)yang berbeda-beda.

Pendapatan rata-rata penduduk yang didapat dari hasil bagi antara PDRD dengan populasi suatu wilayah semakin tinggi pendapatan perkapitanya. Maka wilayah tersebut makmur jadi dimana kota terkaya di Sumatera Barat.

Kota dan kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki predikat kota terkaya di Sumatera Barat atau makmur berdasarkan PDRB perkapitanya yang Data diperoleh dari BPS Sumatera Barat yang di lansir dari kanal youtube Kaba Rantau Official sebagai berikut:

Baca Juga: Konsisisten Tegakan Peraturan, Wawako Ekos Albar Apresiasi Satpol PP Kota Padang

1. Kabupaten Kepulauan Mentawai

Kabupaten Kepulauan Mentawai dihuni oleh mayoritas masyarakat suku mentawa ini terdiri atas empat pulau utama yaitu pulau Siberut. pulau sipura, pulau pagai Utara dan pulau pagai Selatan

Daerah ini memiliki potensi alam yang sangat banyak selain dalam bidang perkebunan pertanian dan perikanan daerah ini memiliki potensi untuk menjadi daerah kawasan wisata.

Hasil laut merupakan salah satu potensi yang terus dikembangkan di kabupaten ini terutama ikan kerapu yang laku untuk diekspor. Sedangkan untuk PDRB di kabupaten ini mencapai 540 juta.

Baca Juga: Perumda AM Kota Padang Sedang Perbaikan Pipa, Berikut Daerah Terdampak Pemadaman Air

2. Kota Pariaman

Kota Pariaman adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Sumatera Barat Indonesia kota ini berjarak sekitar 56 km dari kota Padang atau sekitar 25 km dari bandara internasional Minangkabau.

Pada tahun 2021 jumlah penduduk kota ini mencapai 9519 jiwa sektor perdagangan merupakan sektor yang menyerap tenaga kerja paling banyak di Kota Pariaman.

Kemudian disusul dengan sektor jasa di mana pada kota ini terdapat dua unit Pasar Induk tradisional yakni pasar Pariaman dan pasar Kutai Taji serta pasar pembantu yakni pasar baginer pasar Cuba dan ayah dan pasar Cibada Mentawai.

Sedangkan dari sektor pariwisata masih cukup menopang perekonomian di kota ini PDRB Kota Pariaman di tahun 2021 mencapai 550 juta

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat