bdadinfo.com

TMMD/N ke-117 Dibuka, Bupati Agam Ajak Semua Pihak Sinergi Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat - News

TMMD/N ke-117 Dibuka, Bupati Agam Ajak Semua Pihak Sinergi Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat (amcnews.co.id)

 - Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dipilih sebagai lokasi pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke-117 tahun anggaran 2023.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Bupati Agam yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, H. Edi Busti, dalam sebuah upacara khusus yang dilangsungkan di lapangan sepak bola Simarasok, Baso, pada hari Rabu 12 juli 2023.

Sekdakab Agam, H. Edi Busti, menyampaikan bahwa TMMD/N adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementerian lembaga, pemerintah daerah, dan masyarakat. 

Baca Juga: Ketua TP-PKK Agam Paparkan Peranan PKK dalam Sukseskan Program Dashat

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan meningkatkan taraf hidup serta kemandirian masyarakat.

Program TMMD/N ini mengutamakan daerah perdesaan yang termasuk dalam kategori daerah tertinggal dan terpencil. 

Melalui program ini, masyarakat desa atau nagari dapat diberdayakan melalui pembangunan atau rehabilitasi sarana dan prasarana wilayah serta fasilitas umum yang langsung berdampak pada kepentingan masyarakat setempat.

Baca Juga: Keindahan Puncak Lawang: Pesona Tersembunyi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Selain itu, TMMD/N juga bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam memperkuat ketahanan wilayah dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. 

Program ini mencakup kegiatan fisik dan nonfisik yang sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat setempat.

"Kegiatan fisik meliputi pembukaan jalan, rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan pembangunan fasilitas lainnya. Sedangkan kegiatan nonfisik meliputi penyuluhan-penyuluhan," jelas Edi Busti.

Pembukaan jalan diharapkan dapat mengatasi keterisoliran suatu nagari dan membuka akses menuju pusat pertumbuhan perekonomian masyarakat. Dalam upacara pembukaan TMMD/N ke-117 ini, dilakukan penandatanganan kesepakatan antara Bupati Agam dengan Dansatgas TMMD/N. 

Selanjutnya, dilakukan penyerahan peralatan kerja kepada TNI, Polri, Satpol PP, serta masyarakat, dan pemukulan gong oleh Danrem 032/wbr, Brigjen TNI Rayen Obersyl, sebagai tanda dimulainya kegiatan tersebut, diikuti dengan peninjauan lapangan.

Selain Brigjen TNI Rayen Obersyl, pembukaan TMMD/N ke-117 juga dihadiri oleh berbagai pejabat di Sumatera Barat, perwakilan BUMN, instansi vertikal, OPD Agam, ormas, dan masyarakat setempat. 

Diharapkan melalui program ini, pembangunan dan kesejahteraan di Nagari Simarasok dan sekitarnya dapat terus meningkat secara signifikan. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat