bdadinfo.com

Siapa Sangka, Pesona Danau Biru Tomosu Sawahlunto Ini Dulunya Cuma Bekas Galian Tambang - News

Danau Tomosu, Sawahlunto, Sumatera Barat.  (Tangkapan Kayar YouTube Kaba Rantau)

- Danau Biru Tomosu atau juga disebut dengan Danau Bacan karena air nya yang sangat biru terletak di Parambahan, Kecamatan Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat.

Dulunya merupakan bekas galian tambang batu bara, kini bekas galian tambang tersebut lama-lama terisi air dan menjadi sebuah danau yang jadi destinasi wisata menarik dengan airnya yang berwarna biru menawan.

Efek air biru yang dihasilkan oleh Danau Biru Tomosu ini berasal dari pantulan sinar matahari ke dasar danau.

Baca Juga: Deretan Pendeta Batak Pertama yang Ditahbis pada 1880an, 1 Orang Meninggal sebelum Dilantik

Sisa-sisa galian tambang batu bara juga masih tampak terlihat dari gunungan batu-batu yang mengelilingi Danau Biru Tomosu.

Sawahlunto sejak dulu dikenal sebagai daerah di Sumatera Barat penghasil batu bara, sehingga tak mengherankan jika banyak bekas galian tambang yang ada di daerah tersebut.

Berjarak 13 km dari Kota Sawahlunto atau sekitar 4 km dari Simpang Napar-Sijantang, pengunjung disarankan untuk menggunakan sepeda motor karena akses jalan menuju ke Danau Biru Tomosu cukup sulit dengan tanah batu yang lumayan terjal.

Baca Juga: Bupati Eka Putra Kukuhkan Pengurus PWRI Kabupaten Tanah Datar

Danau Biru Tomosu di Sawahlunto ini masih tergolong menjadi destinasi wisata yang cukup baru dan belum banyak yang tahu keberadaannya.

Destinasi ini mulai dikenal oleh masyarakat karena foto berlatar belakang Danau Biru Tomosu ini mulai dibagikan di sosial media.

Latar belakang Danau Biru menghasilkan foto yang unik dan indah dan menjadi daya tarik tersendiri apalagi jika dibagikan di sosial media.

Baca Juga: Halimah Yacob Tidak Mencalonkan Diri dalam Pemilihan Presiden Singapura 2023

Danau ini mulai dikenal oleh masyarakat luas karena kepopulerannya yang bermula dari media sosial, banyak masyarakat setempat yang berfoto selfie dengan latar belakang danau yang berwarna biru kemudian mengunggahnya ke media sosia.

Dari situlah masyarakat Sumatera Barat mulai mengenal Danau Biru Tomosu ini.

Sebelum memasuki kawasan danau, pengunjung akan dikenai biaya Rp5.000 per orang buat tiket masuk dan setelah sampai lokasi mulai ada biaya parkir Rp5.000 bagi sesuatu sepeda motor dan Rp10.000 buat mobil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat