bdadinfo.com

Jalan Pantai Teluk Bayur-BIM Punya Potensi Wisata Tak Kunjung Rampung Sejak 2015, Mangkrak? - News

Mengapa proyek jalan Pantai Teluk Bayur ke BIM tak kunjung usai dari 2015? (Youtube Gumilang Jalan Jalan)

- Salat satu proyek pemerintah Provinsi Sumatera Barat adalah pembangunan jalan baru di pantai dari Teluk Bayur menuju Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM).

Jalan ini akan menghubungkan Kota Padang ke Kabupaten Padang Pariaman. Namun, hingga kini proyek ini tak kunjung selesai padahal sudah diinisiasi sejak tahun 2015.

Proyek ini sejatinya merupakan proyek dengan sistem multilayer atau terbagi menjadi beberapa segmen dengan panjang total 12-26 Km yang akan menembus pelabuhan Teluk Bayur ke BIM.

Baca Juga: Kitab Ramayana serta Kisah Rama dan Istrinya, Kunci Jawaban Agama Hindu Kelas 4 Kurikulum Merdeka Halaman 3 5

Sebenarnya terdapat beberapa segmen pengerjaan yang sudah selesai yaitu segmen jalan Nipah - Teluk Bayur dan Jembatan Fly Over Lolong.

Jembatan Fly Over Lolong sendiri merupakan infrastruktur pengubung dalam proyek jalan pantai Teluk Bayur ke BMI nantinya.

Area Jembatan Fly Over Lolong juga menarik minat wisata warga seikitar yang ingin melihat keindahan pantai dari jembatan tersebut.

Baca Juga: Mengingat Tokoh Sumatera Sutan Takdir Alisjahbana dan Dedikasinya untuk Sastra Indonesia

Pasalnya dari atas Jembatan Fly Over Lolong ini masyarakat bisa menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari sambil memandangin laut yang mengarah ke Samudera Hindia.

Jalan sepanjang kurang lebih 26 km ini awalnya direncanakan untuk mencegah menumpuknya arus kendaraan yang menimbulkan kemacetan pada area barat Sumatera.

Pembuatan jalan ini pada awal pengerjaan kabarnya menyentuh angka perencanaan sebesar Rp. 600 miliar di tahun 2015.

Baca Juga: Misteri Sumur Tua di Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, Ternyata Ini Faktanya

Saat ini Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Provinsi Sumatera Barat kabarnya tengah melanjutkan segmen proyek dari Purus menuju BIM.

Adratus Setiawan selakuk Kepala Bidang menyebutkan bahwa segmen jalan dari Purus ke BIM masih dalam proses pembebasan lahan untuk area dari Jembatana Lolong menuju Simpang Transito Ulak Karang Selatan.

Nantinya segmen jalan ini akan tembus sampai ke wilayah Kota Padang bagian utara.

Baca Juga: Menjadi Kota Terkaya di Pulau Sumatera, Sumber Pendapatan Tertinggi Kedua Kota Batam Berasal dari....

Patut ditunggu kapan proyek akses jalan baru ini akan segera rampung mengingat sudah 8 tahun sejak perencanaan dimulai namun belum kunjung selesai.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat