bdadinfo.com

Siap-Siap! 15 km Lagi Tol Riau Bakal Sampai Sumbar - News

Salah satu mpebangunan di Jalan Tol Riau seksi Bangkinang-Pangkalan. (dok. Pemprov Riau)

Pembangunan Ruas Jalan Tol Riau rute Bangkinang-Pangkalan dikabarkan sedikit lagi akan menyentuh Sumatera Barat (Sumbar).

Hal tersebut karena ruas jalan Tol Riau di Bangkanang, Tanjung Alai, sudah hampir menyelesaikan progresnya hingga Pangkalan, Sumbar.

Ruas Jalan Tol Riau akan menyentuh daerah Sumbar yang berada di Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota.

Baca Juga: Kesaksian Ngeri Pasien Rumah Sakit Hermina Depok saat Kebakaran

PT WIKA selaku kontraktor Jalan Tol Riau Rute Bangkinang-Pangkalan menjelaskan, progress pembangunan telah mencapai 83,24%, seperti dilansir dari kanal Youtube Sahabat Alip, Minggu, 23 Juli 2023.

Sementara itu, Jalan Tol Riau rute Bangkinang-Pangkalan memiliki panjang 40 km. Dengan progress tersebut, artinya tol sudah dibangun sekitar 24,7 km.

Jalan Tol Riau rute Bangkinang-Pangkalan akan memangkas waktu perjalanan. Pengguna tol bisa menempuh jalur tersebut hanya dalam 30 menit, asumsi kecepatan 80 km/jam.

Baca Juga: Mengenal Masjid Raya Ganting yang Merupakan Peninggalan Abad ke-19 dan Paling Tua di Kota Padang

WIKA menyebut saat ini mereka tengah berkonsentrasi dalam bagian pengerasan jalan dan selat jembatan.

WIKA juga menjelaskan, saat ini ruas jalan Tol Riau rute Bangkinang-Pangkalan telah mencapai STA 40 hingga 60 +713. Selain itu, pengadaan lahan tol ini juga telah merealisasikan sekitar 90,72%.  

Jalan Tol Riau ini merupakan salah satu seksi dalam megaproyek pembangunan Tol Padang-Sicincin.

Baca Juga: Bendi dan Kandang Kuda di Rumah Kelahiran Bung Hatta jadi Simbol Status Sosial Keluarga sang Proklamator

Jalan Tol Riau rute Bangkinang-Pangkalan memiliki 13 box underpass, 9 pedestrian, 7 high bridge, 4 overpass dan 1 barrier gate dengan 2X2 jumlah lajur dengan kecepatan rencana 80 km/jam.

Jika tol ini rampung, WIKA mengklaim akan meningkatankan mobilitas, pemerataan pembangunan, dan pertumbuhan ekonomi, terutama masyarakat Sumbar dan Riau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat