bdadinfo.com

PSSI Siap Jalankan Rekomendasi FIFA Benahi JIS - News

PSSI siap menjalankan rekomendasi FIFA untuk membenahi JIS yang digunakan pertandingan final Piala Dunia FIFA U-17. (Foto: PSSI)

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah menyampaikan pemberitahuan resmi tentang kondisi terkini Jakarta International Stadium (JIS) berkaitan dengan rencana penggunaannya sebagai salah satu stadion pertandingan Final Piala Dunia FIFA U-17, November 2023.

Dalam pemberitahuannya tersebut, FIFA menekankan kebutuhan penggantian rumput JIS serta disertai dengan program pemeliharaannya sebelum dapat digunakan sebagai salah satu venue rangkaian putaran Final Piala Dunia FIFA U-17.

Atas dasar perkembangan tersebut, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyatakan siap menindaklanjuti rekomendasi FIFA terbaru itu.

Baca Juga: Memulai Karirnya di Sumatera Utara, Begini Nasib Mantan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin Sekarang

Dalam Konferensi Pers yang berlangsung di Jakarta, Selasa (25 Juli 2023), Erick mengungkapkan untuk menyukseskan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, PSSI telah mengusulkan JIS sebagai salah satu stadion penyelenggaraan.

Untuk menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 2023, JIS telah mendapatkan review awal dari FIFA.

“Terkait hasil laporan kondisi JIS, FIFA menyampaikan bahwa perlu dilakukan penggantian rumput beserta pemeliharaannya. Terkait hal tersebut, kami akan follow up, termasuk menerima kunjungan FIFA pada 28 Agustus nanti, yang juga akan mengecek stadion-stadion yang kita usulkan untuk FIFA U-17," ujar Erick.

Dia menambahkan bahwa PSSI sebagai LOC (Local Organizing Committee) akan senantiasa bekerja berdampingan dengan Pemerintah dan JIS dalam proses pemeliharaan rumput tersebut.

Hal itu diperlukan agar kegiatan pitch management dapat menghasilkan kualitas rumput terbaik.

"Tak hanya JIS, kita ingin ada enam hingga delapan stadion yang ada di seluruh Indonesia punya standar sesuai FIFA. Baik rumput maupun standar keamanan, kenyamanan, dan kelayakan untuk memanggungkan laga internasional," tambah Erick.

Rekomendasi FIFA tersebut disampaikan melalui sebuah surat yang ditandatangani FIFA Senior Pitch Manager, Alan Ferguson.

Baca Juga: Said Didu Sebut Ahli Rumput yang Ditunjuk Menteri PUPR dan Ketum PSSI Tak Paham Sistem Penanaman di JIS

Dalam surat tersebut, FIFA mencatat usulan perubahan lokasi dari Stadion GBK Jakarta menjadi JIS.

Dengan mengacu pada hasil penilaian awal manajemen lapangan, FIFA mencatat bahwa saat ini, permukaan lapangan JIS menggunakan sistem tipe karpet dengan pengisi 60 mm di bagian atas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat