bdadinfo.com

Silat Minangkabau Sumatera Barat Mendunia lewat Film Laga Berkat Iko Uwais, Mari Kenal Sosoknya Lebih Dekat - News

Iko Uwais bersama Yayan Ruhian di gala premiere film Ben dan Jody (Instagram @iko.uwais)

- Siapa yang tidak kenal Iko Uwais? Dia adalah aktor kebanggaan Indonesia yang dikenal luas melalui film debutnya berjudul Merantau tahun 2009 lalu. 

Dalam film tersebut, Iko bermain sebagai pria keturunan Minangkabau dengan keahlian silat aliran harimau yang akan pergi merantau ke ibukota.

Tapi tahukah kalian? Sebenarnya Iko berdarah Betawi asli dan bukan orang Minangkabau sama sekali. Dia mempelajari silat asal Sumatera Barat ini karena seorang ahli dalam seni beladiri.

Baca Juga: Jaga iPhone tetap Prima dengan Lakukan Hal Berikut jika HP Terlalu Cepat Panas

Profil Iko Uwais 

Iko Uwais yang memiliki nama asli Uwais Qorny lahir di Jakarta pada tanggal 12 Februari 1983. Sejak kecil, ia gemar dengan seni beladiri. Karena itu, ia belajar kepada pamannya.

Pamannya memiliki perguruan yang bernama Tiga Berantai. Dari belajar di sini, dirinya sering bertanding hingga tingkat nasional dan memenangkan penghargaan. 

Penghargaan yang didapat Iko diantaranya adalah menempati posisi ke-tiga pada turnamen pencak silat tingkat DKI Jakarta tahun 2003.

Baca Juga: Dibangun 3 Lantai dengan Anggaran Rp117 Miliar, Gedung DPRD Kota Padang Segera Difungsikan

Lalu, pada tahun 2005 ia mendapat gelar pesilat terbaik dalam kategori demonstrasi pada Kejuaraan Silat Nasoinal. 

Awal Karir menjadi Aktor

Dari bakat alaminya ini, ia bertemu dengan seorang sutradara bernama gareth Evans yang sedang membuat film dokumenter di perguruan pamannya. 

Gareth yang melihat kemampuan Iko langsung memboyong Iko ke proyek film di perusahaan produksinya yang kemudian menelurkan film laga “Merantau” pada tahun 2009. 

Baca Juga: 4 Daftar SMP Terbaik di Aceh Versi Nilai Rerata UN 2023

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat