bdadinfo.com

Pejabat Bangka Belitung ini Diketahui punya 32 Tanah hingga IKN, tapi Utangnya sampai Rp2 Miliar - News

Pj Gubernur Bangka Belitung,  Suganda Pandapotan Pasaribu (Instagram @sugandapandapotan)

- Salah satu pejabat yang mengabdi di Provinsi Bangka Belitung diketahui memiliki 32 bidang tanah yang tersebar di sejumlah daerah bahkan sampai di Ibu Kota Negara (IKN).

Sosok tersebut adalah Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu. Suganda diketahui memiliki tanah seluas 5000 m2 di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Meski memiliki 32 tanah hingga IKN, Suganda Pandapotan Pasaribu dilaporkan memiliki utang sekira Rp2.070.000.000. Nilai tersebut berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkannya pada 31 Desember 2022.

Baca Juga: Begini Jawaban UI soal 40 Civitasnya Jadi Korban Pelecehan Seksual

Pria kelahiran 16 September 1973 tersebut menjabat sebagai Pj Gubernur Provinsi Bangka Belitung pada 31 Maret 2023 setelah menggantikan Ridwan Djamaluddin. Suganda dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Jakarta.

Berdasarkan harta kekayaan yang dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Suganda dilaporkan memiliki sejumlah aset tanah dan bangunan di beberapa wilayah, seperti: Lubuklinggau, Musi Rawas, Jakarta Timur, Bekasi, Penajam Paser Utara, Ogan Ilir, dan Banyuasin.

Pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan tersebut juga memiliki kendaraan atau alat transportasi pribadi yang berjumlah tiga buah, dua kendaraan roda empat dan satu kendaraan roda dua.

Sebuah mobil klasik Daihatsu Jeep tahun 1979, Toyota Rush tahun 2017 dan motor Honda Vario 150cc tahun 2016 menjadi pilihan sosok yang kini berusia 49 tahun tersebut.

Suganda juga dilaporkan memiliki harta bergerak lainnya yang memiliki nilai Rp282.500.000.

Suganda juga dikenal sosok yang mempunyai keinginan terus belajar yang tinggi, hal tersebut terlihat dari jumlah gelar akademik yang ia miliki seperti ketika ia menimba ilmu di Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri (STPDN).

Baca Juga: Simak Jadwal Balapan F1 GP Belgia 2023 yang Akan Berlangsung Minggu Ini

Tahun 1993, Suganda tercatat menjadi siswa di STPDN dengan Program Studi Manajemen Pemerintahan. Lalu, dirinya melanjutkan Program Pascasarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia (UI) pada 2002.

Orang nomor satu di Bangka Belitung tersebut juga seorang lulusan Pascasarjana Ilmu Pemerintahan di Universitas Jenderal Ahmad Yani tahun 2013 dengan Predikat Cumlaude.

Tidak berhenti disitu, Suganda turut menyandang gelar Doktor di Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran yang juga diraihnya dengan Predikat Cumlaude di tahun 2013.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat