bdadinfo.com

Sibolga Wilayah di Provinsi Sumatera Utara Ternyata Kota Terkecil di Indonesia - News

Wilayah Sibolga Sumatera Barat

- Sibolga merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Sumatera Utara.

Sibolga kini menyandang status sebagai kota terkecil di Indonesia dengan hanya memiliki luas wilayah sebesar 10,77 km persegi.

Walaupun begitu, Kota Sibolga ternyata menyimpan cukup banyak cerita soal sejarahnya dan berbagai potensi alam yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga: 4 Landmark Super Megah dan Penuh Sejarah di Indonesia: Nomor 2 Ada di Sumatera Barat Hadiah dari Ratu Belanda

Sejarah Kota Sibolga

Kota Sibolga dahulu merupakan sebuah bandar kecil yang terletak di Teluk Tapian Nauli, di Pulau Poncan Ketek, tidak jauh dari kota Sibolga saat ini.

Bandar ini diyakini telah berdiri sejak abad ke-18 dengan "Datuk Bandar" sebagai penguasanya.

Pada zaman pemerintahan kolonial Belanda, pada abad ke-19, didirikan Kota Sibolga yang sekarang ini sebagai Bandar Baru, karena bandar di Pulau Poncan Ketek dianggap tidak memiliki potensi untuk berkembang.

Baca Juga: Cara Mudah Bikin Kalender Agustus 2023 dengan Do It Yourself Bisa untuk Hadiah Menarik

Pulau tersebut terlalu kecil dan tidak cocok untuk menjadi kota pelabuhan yang dapat berfungsi sebagai tempat bongkar muat barang serta pusat perdagangan.

Seiring waktu, Bandar Pulau Poncan Ketek pun redup dan tidak meninggalkan jejak pada masa kini.

Sebaliknya, Kota Sibolga sebagai Bandar Baru berkembang pesat menjadi kota pelabuhan dan perdagangan yang maju.

Ketika Indonesia meraih kemerdekaan, Kota Sibolga menjadi ibukota Keresidenan Tapanuli di bawah kepemimpinan seorang Residen yang mengawasi beberapa "Luka atau Bupati".

Selama revolusi fisik, Sibolga juga menjadi tempat kedudukan Gubernur Militer Wilayah Tapanuli dan Sumatera Timur Bagian Selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat