bdadinfo.com

5 Bandara Tersibuk di Sumatera, Nomor 4 Jadi Saksi Bisu Kecelakaan Garuda - News

Bandara Internasional Minangkabau, adalah salah satu bandara tersibuk di Sumatera. (mcojaya.com)

 

– Indonesia adalah negara kepulauan. Maka tak heran, jika di sejumlah daerah terdapat pula bandar udara atau bandara, dengan tingkat arus lalu lintas yang cukup padat.

Dari sekian banyak pulau di Indonesia, aktivitas lalu lintas udara di Sumatera terkenal cukup padat.

Seperti apa ulasannya? Yuk simak artikel di bawah ini.

Baca Juga: Menelisik Penjara Peninggalan Belanda di Bengkulu, Terbuat dari Kayu dan Tanpa Jendela

Sebagaimana diketahui, bandara merupakan wilayah daratan atau perairan dengan batas - batas tertentu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara untuk mendarat maupun lepas landas.

Bandara memiliki fungsi bongkar muat barang, dan tempat perpindahan intra dan antarmoda transportasi, yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan, serta fasilitas pokok dan fasilitas penunjang lainnya.

Nah rupanya, Sumatera memiliki bandara yang paling tersibuk dan terpadat selain bandara terbesar di Indonesia, yaitu Internasional Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma di Jakarta maupun Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali.

Baca Juga: Foto-foto Tempo Dulu Bandara Udara Gadut di Sumatera Barat yang Terlupakan dari Sejarah

Berikut 5 bandara tersibuk di Sumatera:

1. Bandara Internasional Kualanamu

Bandara yang diresmikan secara umum pada 25 Juli 2013 ini menggantikan Bandara Polonia, Medan.

Bandara Internasional Kualanamu merupakan salah satu bandar udara yang paling tersibuk di Indonesia dan pertama di provinsi Sumatera.

Bandara yang berlokasi di Pasar Enam Kuala Namu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang ini memiliki jumlah penumpang rata-rata sekira 10.027.122 jiwa, baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara

Bandara ini juga memiliki memiliki panjang landas pacu 3.75 km yang cocok untuk didarati oleh pesawat sebesar Boeing 777 dan mempunyai 8 garbarata (jembatan yang berdinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat terbang).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat