bdadinfo.com

PKM Puskesmas Pasar Baru Pesisir Selatan Pantau Kesehatan Anggota Paskibraka SMAN 2 Bayang - News

PKM Puskesmas Pasar Baru Pesisir Selatan Pantau Kesehatan Anggota Paskibraka SMAN 2 Bayang (Kominfo Pesisir Selatan)

 

- Guna memastikan kesiapan mental dan fisik Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) siswa SMA Negeri 2 Bayang yang akan melaksanakan tugasnya pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang, Petugas Kesehatan Masyarakat (PKM) Puskesmas Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pemantauan kesehatan ke lapangan.

PKM Puskesmas Pasar Baru, Dora Srinasti AMd, ketika dihubungi Kamis (3/8) menjelaskan pemeriksaan kesehatan itu dilakukan pihaknya untuk memastikan kesehatan anggota Paskibraka tersebut.

"Sebab sebagai pasukan pengibar bendera pusaka pada 17 Agustus 2023 nanti, mereka akan menghadapi latihan yang berat. Makanya secara fisik maupun mental mereka harus benar-benar kuat dan juga teruji," katanya.

Baca Juga: Ukir Prestasi Lagi, Kota Padang Kali Ini Boyong Penghargaan UI Green City Metric 2023

Dijelaskannya bahwa pemeriksaan kesehatan yang dilakukan jajarannya pada Rabu (2/8) di sekolah itu meliputi, tes skreaning, pemeriksaan fisik, mental, pengobatan, termasuk juga penyuluhan.

"Penyuluhan yang kami lakukan juga bertujuan anak-anak yang tergabung dalam anggota Paskibraka ini bisa menerapkan kiat-kiat apa saja yang harus di perhatikan dalam menjaga kesehatan nya selama latihan atau mengikuti kegiatan Paskibraka ini," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa dari pemantauan yang dilakukan petugasnya di lapangan, ditemuia beberapa anak Paskibraka yang muntah, tekanan darah turun sehingga ada yang pingsan.

Baca Juga: Wow, Ini 4 Bandara Terunik di Pulau Sumatera, Nomor 2 Punya Landasan Pacu Terpanjang Kedua Se-Asia Tenggara!

"Itu terjadi karena mereka tidak mengatur jadwal istirahat, atau measih tetap melakukan kegitan yang berat-berat ketika berada di rumah. Makanya penyuluhan ini juga perlu dilakukan," tutupnya. ***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat