bdadinfo.com

Kadis Kominfo Pesisir Selatan Ikuti Rakor Peningkatan Infrastruktur Telekomunikasi di Medan - News

Kadis Kominfo Pesisir Selatan Ikuti Rakor Peningkatan Infrastruktur Telekomunikasi di Medan (Kominfo Pesisir Selatan)


- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Selatan, Junaidi S.Kom, ME mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Infrastruktur Telekomunikasi regional Sumatera.

Kegiatan dalam rangka peningkatan pelayanan infrastruktur telekomunikasi dan program pendukungnya tersebut diselenggarakan oleh Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dari tanggal 1 s/4 Agustus 2023, di Hotel Arya Duta Medan, Sumatera Utara.

Kepala Diskominfo Kabupaten Pesisir Selatan, Junaidi S.Kom, ME mengatakan, Rakor Peningkatan Infrastruktur dan sarana pendukungnya itu secara resmi dibuka oleh Direktur Layanan Teknologi Informasi (LTI), yang diwakili oleh Kepala Divisi LTI Pemerintah Lativah Hanum.

Baca Juga: 10 Bandara dengan Landasan Pacu Terpanjang di Indonesia, Kalahkan Singapura dan Jepang, BIM Termasuk!

Pada sesi pembukaan acara (H1), Direktur Layanan Teknologi melalui Kepala Divisi LTI Pemerintah, Lativah Hanum (Ibu Hanum-red) memaparkan program/ pengusulan, layanan aduan dan sarana informasi masyarakat serta program ekosistem digital BAKTI. Kemudian, pada H2 ini dilanjutkan dengan acara Forum Group Discussion (FGD) dengan agenda pembahasan yang lebih intens.

BAKTI memaparkan 4 program utama untuk peningkatan infrakstruktur telekomunikasi. Adapun 4 program tersebut adalah: 

Pertama, Program Palapa Ring yakni program pembangunan backbone akses internet/telekomunikasi dengan fiber optik untuk daerah yang belum terjangkau oleh akses internet teresterial dengan prioritas Daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Baca Juga: 4 Hari Ratusan Masyarakat Air Bangis Demo Gubernur Sumbar, Kini Malah Datang Massa Tandingan Pendukung PSN!

Kedua, Program Ekosistem Digital

Program untuk peningkatan kemampuan dan keahlian di bidang Teknologi Informasi dalam pengembangan pendidikan, pariwisata, literasi, UMKM dan lainnya.

Baca Juga: SMAN 1 Sungai Tarab, Tanah Datar Rebut Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Koperasi se-Sumatera Barat

Ketiga, Program Kemitraan Internet Mandiri dan Monetisasi Digital (layanan Internet BumDes), Program pendampingan dan pembinaan BumDes dalam berusaha penyelenggaraan jual beli layanan akses internet di Desa.

Kempat, Program Aplikasi PASTI BAKTI

Program pendataan usulan Akses Internet dan BTS Selular, dengan prioritas Daerah 3T melalui aplikasi PASTI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat