bdadinfo.com

Mengenal Angkot Sudako, Kendaraan Umum Kebanggaan Warga Medan: Di Sini Uniknya! - News

Angkot Sudako Medan. (Tangkap layar Youtube/Fahri Rozy)

Banyak kendaraan umum kota-kota besar Indonesia yang banyak ditumpangi masyarakat seperti Bus, Becak, Angkutan Kota (Angkot) dan sebagainya.

Khusus Angkot, kendaraan umum di area perkotaan. Masyarakat menggunakan transportasi ini sebagai alternatif murah kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Di Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan, ada angkot sekaligus kendaraan umum kegemaran masyarakat untuk mendukung kegiatan sehari-hari, namanya Angkot Sudako.

Baca Juga: 15 PO Bus AKAP Asal Jawa Ini Berburu ke Trayek Basah Palembang, Alasannya Kenapa? Ini Penjelasannya

Angkot Sudako adalah kendaraan umum yang paling sering ditemui di Kota Medan yang masih eksis hingga saat ini.

Sebagian masyarakat Medan menyebut Angkot Sudako dengan angkot atau bahkan motor. Ini karena biasanya warga Medan menyebut mobil hanya untuk kendaraan pribadi.

Berbeda dengan angkutan umum lainnya, para penumpang Angkor Sudako naik dari arah belakang, duduk berhadap-hadapan di kursi panjang dengan muatan yang berkapasitas 10 sampai 20 orang.

Baca Juga: Dinkes Padang Panjang Gelar Pelatihan Konselor Sebaya di Sekolah dan Masyarakat

Mungkin hal ini mengingatkan kita akan kendaraan Kancil, Bajaj, Oplet dan Bentor yang sering ditemui di luar Sumatera Utara seperti Jakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan dan lain-lain.

Orang medan mempunyai kebiasaan yang mudah akrab dengan orang yang baru dikenal. Tidak heran jika pertukaran informasi sering kali terjadi di dalam Angkot Sudako atau angkutan umum lainnya.

Didalam sudako terdapat tombol atau bel yang terletak di tengah-tengah atap sudako, gunanya untuk memberitahukan kepada sopir bahwa penumpang sudah sampai di tujuan.

Baca Juga: Air Bangis, Menyingkap Pesona Nagari yang Tersembunyi di Pasaman Barat

Tombol itu juga berfungsi karena adanya kaca penghalang antara penumpang dan sopir.

Penumpang juga bisa mengatakan "pinggir bang" untuk memberitahu kepada sopir bahwa penumpang ingin berhenti dan sudah sampai ditujuan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat