bdadinfo.com

Air Bangis, Menyingkap Pesona Nagari yang Tersembunyi di Pasaman Barat - News

Letak Geografis Air Bangis. (Rok Air Bangis.)

- Nagari Air Bangis mungkin belum familiar di telinga banyak orang, namun keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki tempat ini layak mendapat perhatian lebih.

Tersembunyi di Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Nagari Air Bangis memiliki segudang potensi yang belum banyak terekspose. 

Dengan luas wilayah mencapai 440,48 KM2, yang setara dengan sekitar 11,33% dari luas wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Nagari Air Bangis memiliki letak geografis yang menarik.

Baca Juga: Ketika Pelabuhan Air Bangis Dilanda Wabah, Kisah Terlupakan di Pantai Barat Sumatera

Terletak di 000 09’ – 000 31’ LU dan 990 10’ – 990 34’ BT dengan ketinggian dari permukaan laut 0-319 mdpl, kawasan ini menawarkan panorama yang memukau dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

Satu-satunya nagari yang berada dalam wilayah administratif Kecamatan Sungai Beremas ini memiliki batas wilayah yang menarik.

Di sebelah Selatan, Nagari Air Bangis bertemu langsung dengan Samudera Indonesia, sementara di sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Ranah Batahan.

Baca Juga: Deretan PO Bus Asal Jawa yang Adu Nasib ke Pulau Sumatera, Ada yang Sudah Berdiri Sejak 1950-an

Batas Baratnya langsung berhubungan dengan Provinsi Sumatera Utara, sedangkan di sebelah Timur berbatas dengan Kecamatan Koto Balingka.

Uniknya, Nagari Air Bangis terdiri dari 15 kejorongan, masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Jorong yang berada di bawah pengawasan Wali Nagari.

Nama-nama kejorongan seperti Pasar Satu, Pasar Dua Suak, dan Silawai Timur memberikan sentuhan kekayaan budaya dan sejarah yang masih terjaga.

Baca Juga: Empat Destinasi Wisata Kota Arang Sawahlunto yang Wajib Dikunjungi

Air Bangis juga memamerkan keindahan alamnya melalui 36 sungai yang mengalir di wilayahnya.

Dari Batang Pardantiangan hingga Batang Penggambiran, setiap sungai memiliki cerita dan pesona tersendiri.

Tak hanya sungai, dua danau yang bernama Danau Karuah dan Danau Jernih juga menjadi bagian dari daya tarik alam Nagari Air Bangis yang tak boleh diabaikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat