bdadinfo.com

Mengenal PSN, Kawasan Industri Petrokimia dan Kilang Minyak yang Jadi Akar Masalah Demo Warga Air Bangis - News

Demonstrasi warga Air Bangis (atas) dan ilustrasi kawasan industri petrokimia dan kilang minyak yang diduga akan jadi PSN dan dibangun di Air Bangis. (Screenshot Video YouTube Koran Haluan & Freepik.com)

- Aksi unjuk rasa warga Air Bangis di Kota Padang dipaksa pulang, setelah sebelumnya massa berdiam di Masjid Raya Sumatera Barat, di Padang, selama lima hari terakhir.

Situasi menjadi ricuh tatkala personel Polda Sumbar masuk ke dalam kawasan masjid dan berakhir pada penangkapan sejumlah orang.

Pada video yang viral di media sosial terlihat pihak kepolisian masuk ke dalam masjid dengan menggunakan sepatu dan meninggikan suaranya.

Baca Juga: Jarang Didengar, Ternyata di Balik Indahnya Perairan Sisi Barat Sumbar Ada Olahraga Extreme Ini!

Aksi unjuk rasa warga Air Bangis ini didasari pada keinginan mereka untuk bertemu dengan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, untuk membahas masalah Proyek Strategi Nasional (PSN) yang melibatkan lahan milik masyarakat.

Warga khawatir kehilangan lahan yang telah menjadi sumber nafkah selama bertahun-tahun dan turun temurun tersebut.

Proyek Strategis Nasional (PSN) apa yang akan dibangun di Air Bangis?

Baca Juga: Misteri Asal-Usul Orang Karo, Apa Benar Keturunan India yang Tersamar di Tanah Sumatera Utara?

PSN yang akan dibangun di Air Bangis adalah kawasan kilang minyak dan kawasan industri petrokimia.

Kawasan tersebut dikabarkan akan melahap sekitar 30 ribu hektare lahan yang juga mencakup lahan yang dikelola oleh warga.

Lalu, apa itu kawasan industri petrokimia dan kawasan kilang minyak?

Baca Juga: Tajir Melintir, Segini Harta Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution: Isi Garasinya Wow!

Dilansir dari kemenperin.go.id, Senin 7 Agustus 2023, industri petrokimia merupakan industri strategis yang menjadi modal dasar untuk mengembangkan industri lain, seperti plastik, serat kain, tekstil, otomotif, dan industri penting lainnya.

Bahkan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan untuk menjadikan Indonesia sebagai industri petrokimia nomor satu di ASEAN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat