bdadinfo.com

Deretan PO Bus Asal Jawa yang Adu Nasib ke Pulau Sumatera, Ada yang Sudah Berdiri Sejak 1950-an - News

Kolase PO Bus Sumatera yang berasal dari Jawa. (YouTube Botok Channel.)

– Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki berbagai macam moda transportasi yang bisa digunakan oleh penduduknya untuk bepergian. Salah satunya yakni bus.

Bus adalah pilihan utama oleh penduduk untuk bepergian. Tidak hanya antar kota saja, ada juga bus dengan rute antar provinsi bahkan antar pulau. Rute ini dinamakan AKAP.

AKAP adalah singkatan dari Antar Kota Antar Provinsi. Biasanya, bus AKAP memiliki rute perjalanan yang jauh dan bisa mencapai ribuan kilometer, contohnya bus Jawa-Sumatera.

Baca Juga: Mengenal Shireen Sungkar, Artis Pemeran Utama Sinetron Legendaris 'Cinta Fitri' Berdarah Minangkabau

Ada Pula AKDP yang merupakan Antar Kota Dalam Provinsi, level di bawah AKAP. Contohnya, rute perjalanan bus dari Padang ke Bukittinggi.

Untuk rute perjalanan Jawa ke Sumatera, telah banyak perusahaan otobus atau PO Bus yang menjajal rute ini karena memiliki keminatan penumpang yang sangat tinggi.

Tidak hanya itu, adanya PT ASDP Indonesia Ferry di rute ini semakin menguatkan persaingan antar PO Bus untuk melayani para penumpangnya yang ingin menyebrang antar pulau Jawa-Sumatera.

Baca Juga: Sejarah Berdirinya Kota Padang yang Diperingati Tiap Tanggal 7 Agustus

Buat yang penasaran, ASDP merupakan singkatan dari Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan yang merupakan perusahaan BUMN di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

Dari banyaknya PO Bus yang mencari peruntungan di rute antar pulau Jawa-Sumatera ini, ada beberapa perusahaan asal Jawa, bukan dari Sumatera saja.

Bahkan, satu diantaranya sudah ada sejak lima puluh tahun yang lalu dan masih eksis dan populer di kalangan penumpangnya.

Baca Juga: Ketum Partai NasDem Lantik Pengurus DPW Sumbar, Cindy Monica Jabat Bendahara

Lalu, PO Bus mana sajakah yang berasal dari Jawa untuk rute ke Sumatera dan sebaliknya ini? Berikut daftarnya:

1. Lorena

PO Bus Lorena menjadi perusahaan asal pulau Jawa yang telah punya banyak pengalaman di rute Sumatera. Berpusat di Bogor, Jawa Barat Lorena memulai rute panjangnya ini sejak tahun 1984.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat