bdadinfo.com

Sejarah Berdirinya Kota Padang yang Diperingati Tiap Tanggal 7 Agustus - News

Potret Kota Padang pada masa lalu   (padang.go.id)




- Tanggal 7 Agustus merupakan tanggal bersejarah bagi Kota Padang. Setiap tahun pada tanggal ini, ibukota Provinsi Sumatera Barat ini merayakan peringatan hari berdirinya.

Pada tahun 2023 ini, Padang telah genap berusia 354 tahun, tepat pada tanggal 7 Agustus ini. Lantas, bagaimana perjalanan Sejarah Kota Padang? Mengapa tanggal 7 Agustus ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Kota Padang? Berikut ulasan dilansir dari laman resmi pemerintah kota Padang, Padang.go.id.

Kota Padang telah dikenal sebagai pusat niaga yang sangat berpengaruh di wilayah Barat Sumatra sejak lima abad lalu. Mulanya, pada Abad XV saat masih di bawah kekuasaan Kerajaan Minangkabau, daerah Padang merupakan tempat pemukiman nelayan.

Baca Juga: Masjid Raya Sumatera Barat, Ikon Kebanggaan Masyarakat Minangkabau

Tempat ini terus berkembang menjadi kawasan niaga di Sumatra hingga dijadikan Belanda sebagai pusat niaga dan basis kekuatan militer Belanda. Belanda menganggap Padang sebagai wilayah strategis yang perlu dikuasai.

Pada abad awal XVII, kompeni Belanda mengangkat raja boneka yang dikenal sebagai Orang Kaya Kecil (Urang Kayo Kaciak) untuk bekerja bagi kepentingan Belanda. Raja boneka itu berkedudukan di loji atau lege semacam kantor pusat. Loji tersebut berlokasi di Muara Batang Arau dan termasuk yang terbesar di kawasan barat Sumatera.

Masyarakat Padang tidak menghendaki Belanda menguasai daerah mereka. Karena itu, Masyarakat melancarkan berbagai serangan demi mengusir penjajah dari tanah Minang.

Baca Juga: Waspada! Ini Daftar Rokok Ilegal yang Kerap Beredar, 6,3 Juta Sudah Dimusnahkan Bea Cukai Teluk Bayur!

Salah satu serangan yang terkenal adalah serangan pertama ke Loji pada malam hari tanggal 7 Agustus 1669. Masyarakat berhasil menghancurkan dan membakar pusat kegiatan penjajah tersebut. Peristiwa ini menjadi bukti Sejarah keberanian dan kekuatan masyarakat Padang dalam mempertahankan kampung halamannya.

Di kemudian hari, tepatnya pada tahun 1986, berdasarkan SK Walikotamadya Padang No. 188.452.25/SK-ESK/1986 peristiwa dijadikan sebagai hari dan tahun jadinya Kota Padang. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat