bdadinfo.com

Profil Surya Paloh, Politisi Pebisnis Asal Aceh yang Penuh Teladan - News

Profil Surya Paloh, politisi pebisnis asal Aceh yang penuh teladan (nasdemjogja.id)

Surya Dharma Paloh atau lebih dikenal dengan Surya Paloh adalah pimpinan Partai Nasional Demokrat atau NasDem. Untuk informasi lebih lanjut, menarik untuk diulas mengenai profil Surya Paloh.

Selain menjadi politikus Partai NasDem, Surya Paloh juga dikenal sebagai pemilik Metro TV dan Media Indonesia.

Surya Paloh lahir di Banda Aceh, Aceh, Indonesia dari pasangan Kuta Raja pada 16 Juli 1951. Surya Paloh adalah putra dari Muhammad Daud Paloh dan Nursiah.

Baca Juga: Resep Membuat Es Kolak Durian, Minuman khas Medan yang Paling Cocok untuk Menyegarkan Dahaga

Surya Paloh menikah dengan Rosita Barack yang dikaruniai seorang anak Prananda Surya Paloh. Rosita Barack adalah anak sulung tokoh Samarinda Omar Barack yang menikah dengan wanita Jepang.

Surya Paloh bersekolah di SMAN 7 Medan. Saat itu, dia bersekolah berdagang berbagai barang. Baik berupa teh, karung goni, ikan asin, dan lain-lain, yang diambil dari orang tauke dan juga gurunya di dunia usaha.

Ia kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU). Namun, karena Surya Paloh aktif di organisasi, ia tidak menyelesaikan studinya.

Baca Juga: Resep Membuat Es Kolak Durian, Minuman khas Medan yang Paling Cocok untuk Menyegarkan Dahaga

Ia kemudian dipindahkan ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Islam Sumatera Utara, yang mana di sini dia sering dikaitkan dengan berbagai organisasi dan mengembangkan jiwa kepemimpinan dan fokus ke bidang politik.

Setelah itu, Surya Paloh menjadi Koordinator Kepemudaan dan Kemahasiswaan Sekber Golkar. Selain itu, Surya Paloh juga mendirikan Putra Putri ABRI (PP-ABRI) dan menjadi Pimpinan PP-ABRI Sumut.

Adapun dalam karier bisnisnya, Surya Paloh memulai bisnis kecil-kecilan di bangku sekolah. Ia kemudian juga bekerja sebagai pemandu wisata di Biro Pelayanan Udara Seulawah dan mengelola wisma tamu di Medan.

Baca Juga: Meriahkan HJK Padang dan Sambut HUT RI, DWP Padang Gelar Pelatihan Table Manner

Surya Paloh juga menjabat sebagai CEO PT Ika Diesel Bros, yang mengelola dealer mobil Ford dan Volkswagen. Belakangan, Surya Paloh menjadi pengacara di Hotel Ika Darroy di Banda Aceh dan direktur di Link Up Coy, sebuah perusahaan perdagangan umum di Singapura.

Kariernya menanjak saat Surya Paloh mulai terjun ke bisnis media. Ia merasa ada tantangan di sini dan ingin membuat perusahaan media yang sejalan dengan cita-citanya dan bertentangan dengan keinginan pemerintah Orde Baru saat itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat