bdadinfo.com

Kenali Fakta tentang Bus NPM, Bus Sumatera Barat Tertua dan Berpusat di Terminal Padang Panjang - News

Fakat tentang bus NPM dari Sumatera Barat (busnpm.com)

- Bus NPM saat ini merupakan salah satu transportasi darat yang paling banyak diminati dan disukai oleh pemudik yang ingin berangkat dari Sumatera Barat ke kota-kota di Pulau Jawa.

Bus yang identik dengan warna hijau, kuning dan merah, dengan tiga garis menjadi salah satu ciri khas untuk bus transportasi kebanggan dari Sumatera Barat yang berpusat di Terminal Surungan.

Bus NPM memiliki nama lengkap 'Naikilah Perusahaan Minang' didirikan pada tanggal 1 November 1937, sebagai salah satu Bus tertua di Sumatera Barat dan di seluruh Pulau Sumatera.

Baca Juga: Bersantai Sejenak di Pantai Teluk Rhu, Melihat Selat Malaka dan Malaysia dari Pinggiran Riau

Bus NPM ini dibangun oleh Bahauddin Sutan Barbangso Nan Kuniang, yang saat ini berbasis di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, kini perusahaan jasa transportasi ini dipimpin oleh generasi ketiga, Angga Vircansa Chairul.

Perusahaan jasa transportasi tersebut, saat ini berada di Jalan Ahmad Yani, Kota Padang Panjang, merupakan Bus yang paling banyak dipakai oleh wisatawan dari pulau Jawa yang ingin berkunjung ke beberapa Kota di Sumatera Barat.

Awal mulanya, bus NPM dibangun dengan rute antar kota dalam Provinsi Sumatera Barat, seiring berjalannya waktu akhirnya mulai berkembang dengan membuka rute ke berbagai Kota di pulau Sumatera.

Baca Juga: Fakta Legenda BB 302, Lokomotif Tua yang Hanya Ada di Sumatera Utara

Pada tahun 1980 an, Bus NPM mulai mengembangkan sayap bisnis mereka dengan membuka rute ke berbagai Kota di Jawa, bus NPM juga memulai memberangkatkan ke dari beberapa kota seperti Padang, Bukittinggi, Pariaman, Payakumbuh, dan lainnya.

Bus ini mencapai masa kejayaan pada era 1980 hingga awal tahun 2000 an, dimana pada saat itu mulai membuka rute dari beberapa Kota di pulau Sumatera seperti Medan, Pekanbaru, Dumai, Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Bandar Lampung hingga mencapai beberapa Kota di pulau jawa seperti Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Bandung.

Ada juga melayani rute utama di Sumatera Barat, yaitu Padang-Bukit Tinggi, walaupun sebenarnya rute tersebut belum pernah dibuka pada saat awal perusahaan transportasi ini berdiri.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Wisata Rohani yang Ada di Sumatera Utara untuk Umat Katolik

Pada awal tahun 2020, bus NPM mulai bekerja sama dengan bus Haryanto dan Sumber Alam yang bersedia memberikan fasilitas penumpang yang akan menuju ke Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur melalui tiket terusan.

Penumpang NPM yang berangkat dari pulau Sumatera yang bertujuan ke Jawa Tengah bagian utara dan Jawa Timur nantinya akan di transit ke bus PO Haryanto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat