bdadinfo.com

Ternyata Ada Suku Batak di Filipina, Mirip Sama yang di Sumatera? - News

Suku Batak di Filipina. (gopalawan.travel.)

Suku Batak merupakan salah satu kelompok etnik terbesar di Indonesia. Tapi tahukan kalian bahwa terdapat Suku Batak di negara lain? 

Ya selain di Indonesia, ternyata ada Suku Batak yang mendiami negara Filipina

Suku Batak Filipina oleh para arkeolog disebut dengan Tinitianes.

Baca Juga: Ngeri-ngeri Sedap, Jambi Teken Proyek JTTS Tahap II Senilai Rp2,7 Triliun, ke Palembang Jadi Makin Cepat 

Suku Batak adalah salah satu etnis yang memiliki populasi terbesar kedua setelah Suku Jawa. Suku ini merupakan kelompok masyarakat yang sebagian besar terletak di Pantai Timur dan Pantai Barat, Provinsi Sumatera Utara.  

Suku Batak sendiri terdiri dari 6 sub-suku, antara lain: Suku Batak Angkola, Karo, Toba, Pakoak, Mandailing dan Simalungun. Tapi, tak banyak yang mengetahui jika Suku Batak memiliki beberapa kemiripan dengan Suku Batak di Filipina, tepatnya di Palawan.

Dikutip dari YouTube BATAKPEDIA CENTER Suku Batak di Filipina memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan Suku Batak di Sumatera Utara.

Baca Juga: Intip Keindahan Pantai Tanjung Pendam, Tempat Terbaik Menikmati Sunset di Kepulauan Bangka Belitung

Mereka bertubuh pendek, kulit gelap dan rambut hitam. Suku Batak dj Filipina hidup nomaden dengan berburu dan meramu segala jenis tumbuhan di hutan.

Sistem kepercayaan Suku Batak Filipina masih menganut sistem animinsme maupun dinamisme.

Bahasa yang digunakan oleh Suku Batak di Filipina hampir sama dengan bahasa yang digunakan oleh Suku Batak di Sumatera Utara.

Baca Juga: Hebat! Pemko Padang Bangun 500 RKB SD dan SMP. Wako Hendri Septa Resmikan SDN 02 Lubuk Buaya

Suku Batak di Filipina hampir juga masih erat kaitannya dengan kesederhanaan. Mereka berburu, meracik dengan segala jenis tumbuhan yang ada di hutan.

Sejauh ini belum ada kajian ilmiah yang membuktikan Suku Batak di Sumatera Utara dan Filipina saling memiliki kesamaan.

Namun, di antara keduanya dapat dilihat beberapa kemiripan dari adat istiadat dalam perwakinan, cara meracik ramuan obat serta saling memiliki jiwa kepemimpinan yang ulet dan pengucapan kosa kata.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat