bdadinfo.com

Deretan 5 Lagu Daerah Sumatera Barat yang Paling Terkenal, Beserta Makna di Balik Lirik Lagu Tersebut - News

Deretan lagu daerah dari Sumatera Barat yang penuh makna (istockphoto.com)

- Provinsi Sumatera memiliki kekayaan alam dan budaya yang tidak pernah terpisahkan oleh waktu, dan menjadi warisan yang terus dipertahankan hingga saat ini.

Namun, hal yang paling menarik dari mengenal tempat di daerah Sumatera adalah mengenal Suku, Tarian, Budaya, dan juga makanan daerah yang paling disukai oleh wisatawan Mancanegara.

Tetapi, jika berbicara soal lagu daerah, maka tentu menjadi salah satu keunikan tersendiri bagi masyarakat Sumatera, karena memiliki nilai budaya dan karakter yang menggambarkan asal usul mereka.

Kali ini kita akan membahas 5 lagu daerah Sumatera Barat yang paling terkenal, bahkan juga masih bisa didengar oleh generasi muda hingga sekarang.

Baca Juga: Antisipasi Kekeringan, Polres Metro Depok Gercep Hadirkan Sumur Bor untuk Warga

1. Mak Inang

Lagu ini berasal dari nama, Selendang Mak Inang, karena memiliki makna yang terkandung dalam lagu ini.

Dan secara umum lagu ini berisi ungkapan rasa rindu dan kesepian yang dirasakan oleh seseorang yang sedang merantau jauh dari kampung halamannya.

Mak Inang, merupakan salah satu tarian tradisional budaya Melayu yang masih bisa dipertunjukkan dan dipertontonkan oleh masyarakat setempat, jika ada acara seni budaya dan menyanyikan lagu daerah.

Lagu daerah ini digunakan untuk pengiring salah satu tarian tradisional Melayu, dan pada masa kesultanan Malaka lagu ini begitu terkenal karena sering digunakan sebagai backsound tari pada perayaan hari besar tertentu.

Baca Juga: Cerita Rakyat Legenda Asal Usul Nama Pulau Batam, Ada Kisah Lucu di Baliknya!

Lirik Lagu Mak Inang seperti dibawah ini:

Kami ini tak pandai menari

Sebarang tari kami tarikan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat