bdadinfo.com

Puskesmas Lumpo Laksanakan Kegiatan BIAS di Sekolah Dasar - News

Puskesmas Lumpo Laksanakan Kegiatan BIAS di Sekolah Dasar (Kominfo Pesisir Selatan)


PESISIR SELATAN, - Puskesmas Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) di seluruh Sekolah Dasar (SD) di wilayah kerja Puskesmas Lumpo, Sabtu (26/8).

Kegiatan BIAS itu dilaksanakan oleh Pengelola Program Imunisasi, Nova Linda, Amd.Kep dan tim dari Bidan desa serta petugas imunisasi dari puskesmas setempat.

Kepala Puskesmas Lumpo, Salma Anas mengatakan, pada setiap bulan Agustus untuk imunisasi campak rubela, dan human papiloma virus (hpv). Satu minggu ini Puskesmas Lumpo melakukan BIAS kepada 15 SD/MIN kelas 1 dan 5.

Baca Juga: Kubu Gadang Padang Panjang Raih Penghargaan ADWI Kemenparekraf Kategori Desa Wisata Maju

Dikatakan, Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi terhadap penyakit PD3I (Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) sampai usia anak sekolah.

Hal ini disebabkan karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan terhadap tingkat kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi.

Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar atau sederajat (MI/SDLB) yang pelaksanaannya serentak di Indonesia dengan nama Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Baca Juga: 6 Desa Wisata Megalitikum yang Sudah ada Sejak Zaman Purba, No 1 dan 5 Ada di Pulau Sumatera

Penyelenggaraan BIAS ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 1059/Menkes/SK/IX/2004 dan mengacu pada himbauan UNICEF, WHO dan UNFPA tahun 1999 untuk mencapai target Eliminasi Tetanus Maternal dan Neonatal (MNTE) pada tahun 2005 di negara berkembang (insiden dibawah 1 per 1.000 kelahiran hidup dalam satu tahun).

BIAS adalah salah satu bentuk kegiatan operasional dari imunisasi lanjutan pada anak sekolah yang dilaksanakan pada bulan tertentu setiap tahunnya dengan sasaran seluruh anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) atau sederajat (MI/SDLB) di seluruh Indonesia. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat