bdadinfo.com

Bosan Makan Rendang Daging? Ini Dia Rendang Lokan, Makanan Khas Pesisir Selatan yang Rendah Lemak - News

Rendang Lokan, Makanan Khas Pesisir Selatan (Desmawati Kuretangin)

- Rendang merupakan salah satu makanan khas Padang, Sumatera Barat yang menjadi makanan paling enak di dunia dalam World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International.

Umumnya Rendang Padang ini dibuat dari daging sapi yang diolah dengan menggunakan rempah-rempah khas Sumatera Barat sehingga mempunyai citarasa yang nikmat.

Namun, Rendang khas Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini berasal dari bahan yang berbeda dengan Rendang – Rendang pada umumnya.

Baca Juga: Cerita Rakyat Asal Usul Telaga Sarangan, Berasal dari Amukan Sepasang Naga yang Ingin Hidup Abadi

Rendang khas Pesisir Selatan ini bernama Rendang Lokan, salah satu olahan Rendang yang tidak memiliki lemak sebanyak Rendang biasanya.

Hal tersebut dikarenakan Rendang Lokan ini berbahan dasar kerang. Lokan yang dimaksud merupakan kerang yang sebangsa dengan kerang ijo dan kerang tiram.

Lokan memiliki cangkang yang lebih besar, dengan warna kehitaman, namun rasa dari Lokan tidak seenak kerang tiram.

Baca Juga: Melongok Taman Labirin Medan, Berwisata seperti di Film Harry Potter and The Goblet Of Fire

Lokan sendiri merupakan kerang yang banyak ditemui di Pesisir Selatan, Sumatera Barat seperti di Painan dan Pariaman. Oleh sebab itu, Rendang Lokan ini menjadi makanan khas dari Pesisir Selatan.

Habitat tempat tinggal Lokan berada di muara sungai yang berlumpur. Untuk memanen dan mencari Lokan itu perlu usaha yang lebih besar, karena Lokan ini berada di dalam air sehingga mengharuskan petani Lokan untuk menyelam sampai di kedalaman 10 meter.

Selain itu, resiko memanen Lokan juga cukup besar, karena bukan hanya Lokan saja yang tinggal muara sungai, tapi buaya muara juga bermukim di Muara Sungai.

Baca Juga: Seni Patung di Wilayah Indonesia Beserta Metode dan Fungsinya, Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 29

Kedua resiko tersebut menyebabkan Lokan memiliki harga yang bersaing di pasaran, untuk membeli satu kilo Lokan kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 140.000.

Namun, harga Lokan yang cukup tinggi tersebut sesuai dengan kandungan yang dimiliki oleh Lokan itu sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat