bdadinfo.com

Keren! Dua SMA di Padang Ini Pernah Jalin Sister School dengan Sekolah Luar Negeri, Ini Sekolahmu? - News

SMAN 6 Padang.  (dok. SMAN 6 Padang)

Sister School merupakan program sekolah kembar antar dua sekolah, baik sesama dalam negeri maupun dengan sekolah di luar negeri.

Program sister school, selain bermanfaat buat perkembangaan anak didik di sekolah, juga menaikkan value sekolah menjadi sekolah bertaraf nasional maupun internasional.

Nah, program sister school ini juga pernah dilakukan oleh dua SMA yang ada di Padang, lho. Kedua SMA tersebut yakni SMAN 6 Padang dan SMAN 10 Padang.

Dengan kerjasama sister school tersebut, kedua SMA di Padang ini sekarang menjadi salah satu sekolah unggulan baik di tanah Minang hingga nasional.

Baca Juga: Baznas Padang Panjang Kembali Salurkan Bantuan Stunting di Kecamatan PPB dan PPT

Berikut perjalanan kerjasama sister school SMAN 6 Padang dan SMAN 10 Padang tersebut, dilansir dari berbagai sumber, Selasa, 29 Agustus 2023.

SMAN 6 Padang

Sekolah yang berada di Kecamatan Padang Selatan ini pernah menjalin kerjasama dengan High School at Sakado di negeri Sakura, Jepang.

SMAN 6 Padang ditunjuk Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) untuk mewujudkan sister school ini, bersama dua sekolah lain, yakni SMAN 1 Probolinggo dan SMAN 10 Malang.

Ketiga sekolah tersebut ditunjuk KNIU untuk menjalin kerjasama Sister School dengan sekolah di Jepang usai meraih anugerah adiwiyata Mandiri se-Indonesia pada tahun 2014 lalu.

Baca Juga: Super Cantik! 4 Pulau Eksotis di Sumatera Barat Ini Wajib Anda Kunjungi, Ada yang Mirip Raja Ampat

Kerjasama sister scool tersebut, disebutkan UNESCO, dalam rangka peningkatkan pengembangan pembangunan melalui zona pendidikan, “Learning to know, learning to be, learning to live together, learning to do and learning to transform oneself and society.”

Kepala Sekolah SMAN 6 Padang kala itu, Ramadansyah, pun berkesempatan mengunjungi langsung School at Sakado di kota Wakaba, tak jauh dari Tokyo.

Ia menjelaskan, sekolah ini berdiri sejak 1945. Di sekolah ini ada mata prgram wajib, yaitu pelajaran lingkungan hidup, komputer dan industri, industri dan home industri, dan jurusan Internasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat