bdadinfo.com

Kamu harus tahu! Hutan Hujan Tropis Sumatera dalam Keadaan Kritis, Ini Penjelasannya - News

Harimau Sumatera di habitatnya (mongabay.co.id)

- Hutan hujan tropis adalah salah satu jenis hutan yang berada di daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi sepanjang tahun.

Hutan hujan tropis dikenal dengan paru-paru dunia, dimana hutan ini penghasil oksigen dan berperan penting dalam menyeimbangkan iklim.

Hutan hujan tropis tersebar di seluruh dunia yang memiliki iklim tropis, seperti di negara Amerika Serikat, benua Afrika, negara Madagaskar, benua Australia, benua Asia, dan Papua Nugini.

Baca Juga: Deretan Oleh-oleh Khas Danau Toba yang Wajib dibawa Pulang, Sentuhan Tradisi di Setiap Produk!

Di benua Asia, Indonesia memiliki hutan hujan tropis terbesar dan mendapatkan peringkat ke-3 terbesar di dunia setelah Brazil dan Republik Demokratik Kongo.

Hutan hujan tropis di Indonesia tersebar di pulau-pulau besar di Indonesia mulai dari pulau Sumatera, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi, dan juga seluruh pulau Papua.

Pembabatan hutan secara ilegal dan juga pembukaan lahan untuk tempat tinggal menjadi alasan rusaknya hutan hujan tropis.

Baca Juga: Ini Cara Ipkemindo DKI Jakarta Bebersih Pungli hingga Gratifikasi di Rutan dan Lapas

Tidak terkecuali dengan hutan hujan tropis di Sumatera, menurut laman worldheritageoutlook.iucn.org warisan hutan hujan tropis Sumatera memiliki status "kritis" dalam siklus penilaian terbaru.

Ancaman dan kerusakan terhadap warisan hutan hujan tropis Sumatera telah dikemukakan oleh UNESCO dan IUCN pada tahun 2004.

Berikut ancaman yang terjadi terhadap hutan hujan tropis Sumatera yang sudah di posisi kritis:

Baca Juga: Pupuik Batang Padi, Alat Musik Sederhana yang Melekat di Masyarakat Agam Sumatera Barat

1. Sempitnya lahan hutan hujan tropis, untuk saat ini tersisa tiga hutan hujan tropis yang berada di pulau Sumatera yang terpisah secara luas disepanjang pegunungan Bukit Barisan yang terbentang dari Aceh hingga Lampung.

Dahulunya hutan hujan tropis di sekitaran Bukit Barisan ini sangat luas, proses biologis dan ekologis terpelihara di dalam hutan ini, namun sekarang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat