bdadinfo.com

Termorex Sirup Kemarin Bahaya Sekarang Aman kok Bisa Sih, BPOM Jelaskan Begini Lho - News

Termorex Sirup Kemarin Bahaya kok Sekarang Aman, BPOM Jelaskan Begini Lho (Instagram/@konimex.group)

- Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM mengungkapkan satu produk sirup demam terkenal, Termorex yang sebelumnya tidak aman kini dinyatakan aman.

Obat yang sebelumnya tidak aman kini aman ini merupakan salah satu merek obat sirup yang sempat diumumkan punya kandungan etilen glikol melebihi batas. Tapi cek dulu batch Termorex nya ya. 

Kepala BPOM, Penny Lukito menjelaskan obat yang sebelumnya tidak aman dan kini aman itu adalah Termorex obat sirup demam.

Baca Juga: Hanya Butuh 2,5 Jam, Etilen Glikol 'Sukses' Rusak Ginjal Anak

Dalam penjelasannya, Termorex kini menjadi obat yang aman namun untuk batch atau waktu produksi tertentu saja.

"Termorex yang sebelumnya dinyatakan tidak aman kita kembangkan sampel dan uji batch batch lainnya, dari lokasi yang berbeda, tempat sampel berbeda serta waktu produksi berbeda dan ternyata aman, jadi tindak lanjuti hal ini, disesuaikan," jelas Kepala BPOM dikutip dari Youtube BPOM RI, Senin (24/10/2022).

Penny menjelaskan produk Termorex sirup obat demam yang ditarik BPOM adalah yang batch tertentu dan waktu produksi tertentu.

Baca Juga: Tak Kuat Menanjak, Pick Up Pembawa Oli Bekas Terjun Bebas di Sitinjau Lauik

Dalam pengumuman BPOM sebelumnya, Termorex yang ditarik karena kandungan etilen glikol melebihi ambang batas adalah Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

"Untuk batch lainnya tidak melebihi ambang batas, jadi aman atau tidaknya bisa berbeda dari batch yang berbeda," kata Penny.

BPOM kemarin merilis update terbaru soal obat aman. BPOM menyatakan 133 obat aman serta 23 obat aman dari 102 obat yang diambil dari kediaman pasien gagal ginjal akut.

Baca Juga: Siap-siap Memulai Hari Kerja, Berikut Prakiraan Cuaca Terbaru Makassar, Gowa dan Maros, Senin 24 Oktober 2022

Setelah itu, BPOM masih mendalami sampel 69 obat untuk dinyataman aman atau tidak.

"Masih ada 69 lagi produk yang masih proses sampling pengujian, secepatnya kami akan keluarkan pengumuman secara bertahap dan segera bisa dikonsumsi kalau dinyatakan aman," jelasnya.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat