bdadinfo.com

Gempa Cianjur, Anak Tertimpa Bangunan, Rumah Banyak yang Ambruk, Jalan Tertutup Longsor - News

Kondisi gempa di Cianjur (Istimewa)

– Sejumlah bangunan di Cianjur rusak parah akibat dihantam gempa pada Senin siang, 21 November 2022. Peristiwa ini juga menyebabkan banyak korban.

Kondisi gempa yang terjadi di Cianjur banyak berseliweran di median sosial. Dalam beberapa video yang beredar tampak sejumlah bangunan atau rumah warga roboh.

"Di tempat saya juga ada anak-anak yang tertimpa bangunan nih," tulis seorang warganet dalam video yang beredar di warungjurnalis.

Baca Juga: 5 Cara Menyelamatkan Diri saat Terjadi Gempa Bumi, Nomor 1 Paling Penting

Baca Juga: Daftar Wilayah Terdampak Gempa Cianjur Hari Ini, Senin 21 November 2022

Sementara itu, menurut salah seorang saksi yang merekam kejadian itu mengatakan, gempa yang terjadi sekira pukul 13:20 itu juga membuat jalan utama tertutup longsor.

"Kita harus putar balik di jalur alternatif karena di jalan utama sudah tertutup longsor, jadi mau nggak mau kita putar balik" katanya.

"Cianjur hancur semua nih rumah ya Allah," sambungnya lagi.

Sebagai informasi, pusat gempa di Cianjur terjadi di titik koordinat 6,84 Lintang Selatan (LS) dan 107,05 Bujur Timur (BT). Peristiwa ini juga dirasakan sejumlah daerah.

Tercatat, sedikitnya ada lima wilayah yang terdampak gempa Cianjur berkekuatan Magnitudo 5,6 tersebut. Di antaranya yaitu Bandung, Sukabumi, DKI Jakarta, Depok, hingga Tangerang Selatan.

Baca Juga: Situasi Terkini Kota Cianjur Setelah Gempa Bumi Berkekuatan 5,6 SR

Baca Juga: Rusak Gedung DPRD, Ini Kesaksian Mencekam Warga Cianjur Saat Digoyang Gempa

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merinci, wilayah terdampak gempa tersebut adalah wilayah dirasakan skala MMI V Cianjur. Kemudian MMI level IV-V di Garut, Sukabumi.

Getaran MMI level III dirasakan di Cimahi, Lembang, Kota Bandung, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor, Bayah. Selanjutnya MMI level II - III dirasakan di Rancaekek, Tangerang Selatan, DKI Jakarta dan Depok.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat