bdadinfo.com

Profil Habib Syech Abdul Qadir Assegaf, Ulama yang Populerkan Sholawat Turi Putih - News

Habib Syech Abdul Qadir adalah salah satu ulama  yang mempopulerkan sholawat Turi Putih (Istimewa)

Habib Syech Abdul Qadir Assegaf adalah salah satu ulama yang mempopulerkan sholawat Turi Putih, sehingga banyak orang pun mengetahuinya.

Mengutip dari darulfalah.sch.id, sholawat Turi Putih adalah tembang Jawa yang konon dikarang oleh Sunan Giri.

Kemudian, sekarang pun sholawat ini banyak yang mempopulerkan, salah satunya ialah Habib Syech Abdul Qadir Assegaf.

Jika ditelisik lebih dalam, bahwa tembang sholawat Turi ini mempunyai banyak makna dan pelajaran yang dapat digali, terutama tentang kematian.

Mungkin, hal semacam itulah yang mendorong Habib Syech Abdul Qadir Assegaf untuk mempopulerkannya agar manusia mampu selalu ingat dan sadar tentang hal kematian.

Baca Juga: Kota Kelahiran Megawati, Trah Soekarno Ternyata Daerah Istimewa di Indonesia

Inilah profil Habib Syekh Abdul Qadir Assegaf

Dikutip dari laduni.id, Habib Syech dilahirkan di kota Solo, Jawa Tengah pada tanggal 20 September 1961 M. Kemudian, ayahnya bernama Abdul Qadir Assegaf dan dia anak dari 16 bersaudara.

Ayahnya pun adalah imam Masjid Assegaf di Solo, Habib Syekh bermadzhabkan Syafi’i, beraqidahkan Asy’ari, dan mengikuti sufi dari Al Imam Ghazali.

Sewaktu kecil, Habib Syech mendapatkan pendidikan dari ayahnya hingga ayahnya meninggal disaat Habib Syech berusia 20 tahun.

Setelah itu, Habib Syech pun berguru kepada beberapa guru, salah satunya ialah pamannya sendiri, yakni Habib Ahmad bin Abdurrahman Assegaf.

Tak hanya sampai situ saja, Habib Syech juga berguru kepada seorang ulama besar di Solo, yaitu Habib Anis bin Alwy Al Habsyi.

Baca Juga: Viral Batal Nikah H-3 di TikTok, Calon Suami Ungkap Fakta yang Mencengangkan

Setelah itu, Habib Syech memberanikan diri untuk mensyiarkan sholawat yang bermula di kota Solo. Sampai akhirnya, syiar sholawat yang dia lakukan itu pun berkembang pesat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat