bdadinfo.com

6 Kuliner di Sawahlunto dengan Harga Murah, Rasa Bikin Ketagihan - News

Foto  : pdipkreatif.id

 - Sawahlunto adalah salah satu kota yang berada di Sumatra Barat. Kota ini terletak sekitar 95 km sebelah timur laut Kota Padang. Selain wisata alamnya, Sawahlunto juga terkenal dengan kulinernya yang mampu menggoyang lidah.

Jika kamu ingin berkunjung ke Kota Sawahlunto, tidak ada salahnya nih untuk mencoba enam kuliner ini. Berikut rekomendasi kuliner yang bisa kamu coba.

Baca Juga: 5 Destinasi Tempat Wisata Sawahlunto Sumbar, Dijamin Instagramable Bak Surga Dunia!

1.      Sup Silungkang

Salah satu makanan yang wajib kamu coba ketika ke Sawahlunto adalah Sup Silungkang. Makanan berkuah dengan cita rasa pedas ini menjadi salah satu makanan berkuah favorit warga Sawahlunto.

Biasanya sup ini disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Sup ini berisi daging sapi, lemak sapi, serta taburan bawang goreng diatasnya. Untuk penyajiannya, sup ini dilengkapi dengan kerupuk merah muda yang menjadi ciri khasnya.

Baca Juga: Kisah Mak Itam, Lokomotif Pengangkut Batubara Ombilin Sawahlunto Era Kolonial

2.      Pical

Pical adalah makanan khas Kota Sawahlunto yang mirip dengan gado-gado. Namun berbeda dengan gado-gado, pical ini dilengkapi dengan mie kuning didalamnya. Lengkapnya pical ini berisi kol, sayur hijau, dan juga potongan tahu yang dihidangkan bersama saus kacang. Kamu juga bisa meminta tambahan lontong sebagai pelengkapnya.

Penduduk Sawahlunto juga menyebut pical dengan mie lontong pical. Makanan ini biasanya dijual di pagi hari untuk santapan sarapan. Banyak warung-warung yang menjual mie lontong pical ini.

3.      Dendeng Batokok

Selain rendang, makanan ini juga menjadi favorit penduduk Sawahlunto. Makanan ini memiliki cita rasa pedas khas Sumatra Barat. Daging dendeng batokok ini adalah daging tipis yang telah dimemarkan sehingga membuat daging ini terlihat sangat tipis.

Cara pembuatan dendeng batokok ini memang harus dipukul atau ditokok agar membuat daging menjadi tidak tebal. Setelah ditokok kemudian daging dipanggang serta dilumuri minyak kelapa yang membuat aroma dari daging lebih harum.

4.      Ale Ale Apam

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat