bdadinfo.com

Bukan Main, Pemprov Jabar Keras ke Pemkot Depok soal SDN Pondok Cina jadi Masjid Margonda - News

Bukan main, Pemprov Jabar keras begini ke Pemkot Depok soal SDN Pondok Cina jadi Masjid Margonda

- Buntut polemik rumit alih fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 Depok menjadi Masjid Margonda oleh Pemkot Depok, Pemprov Jabar keras ancam nggak main-main lho.

Pemprov Jabar keras begini nih, siap menunda kucuran bantuan pembangunan Masjid Margonda, apabila alih fungsi SDN Pondok Cina 1 Depok itu terus menjadi polemik.

Ancaman Pemprov Jabar ini karena mencermati respons orang tua murid SDN Pondok Cina 1 Depok, yang terus demo menolak eksekusi aparat Satpol PP Kota Depok. Wali siswa menolak keras buah hati mereka direlokasi ke SDN 3 dan 5 Pondok Cina.

Baca Juga: 5 Isu Mencengangkan Depok, Penggusuran SDN Pondok Cina 1 Hingga Pelecehan Seksual Gunadarma

Bukan cuma menunda bantuan dana, Pemprov Jabar bisa saja batalkan bantuan untuk pembangunan Masjid Margonda bila polemik dan perlawanan eksekusi SDN Pondok Cina 1 itu terus terjadi.

"Mencermati situasi dan dinamika sosial yang belum memungkinkan untuk dilakukan alih fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 menjadi masjid, Pemprov Jabar akan menunda proses bantuan pembangunan Masjid Margonda, bahkan tidak menutup kemungkinan bantuan tersebut akan dibatalkan," kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, Indra Maha dalam rilisnya dikutip , Minggu 11 Deaember 2022.

Menurut Indra, Pemprov Jabar mendorong Pemda Kota Depok mengedepankan pendekatan dialogis untuk mendapatkan solusi terbaik, soal rencana alih funsi lahan SDN Pondok Cina 1 menjadi Masjid Margonda.

Baca Juga: Pemkot Depok Berjanji Tidak Gusur SDN Pondok Cina, Tunggu Dialog dengan Orang tua murid, Kok Baru Sekarang?

Indra mengatakan, alih fungsi lahan tersebut menimbulkan masalah baru, terutama soal siswa dan kegiatan belajar mengajar.

Untuk itu, Pemprov Jabar menyerukan semua pihak harus menghindari hal-hal yang berpotensi menghadirkan benturan-benturan sosial agar kondusivitas Kota Depok terjaga.

"Jika ada upaya hukum yang dilakukan oleh warga, hal ini perlu mendapat perhatian dari Pemda Kota Depok untuk menunda dulu alih fungsi lahan tersebut sampai keluar keputusan hukum yang tetap," kata Indra.

Baca Juga: Kena Telak! Pernikahan Kaesang Jadi Parameter Indonesia Sudah Bebas Covid-19

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menegaskan alih fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 merupakan kebijakan Pemda Kota Depok.

Adapun Pemda Provinsi Jabar hanya mendapatkan informasi, lahan untuk pembangunan masjid yang akan mengalih fungsi lahan SDN Pondok Cina 1, sudah siap.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat