bdadinfo.com

Kenalan Yuk dengan Stephanie, Sosok Muda Inspiratif Desainer Sura dan Sulu Maskot Pemilu 2024 - News

 Maskot Pemilu 2024 berupa sepasang burung Jalak Bali, Sura dan Sulu.  (Instagram @kpu_ri)

– Komisi Pemilihan Umum RI telah meluncurkan maskot Pemilu 2024 pada 2 Desember 2022 melalui siaran langsung YouTube.

Maskot tersebut merupakan karya seorang gadis muda bernama Stephanie yang mengalahkan ratusan desain lainnya dalam Lomba Maskot Pemilu 2024.

Tujuan diadakannya lomba desain maskot adalah menghasilkan karakter yang erat akan Indonesia, netral, dan mampu membawa semangat Pemilu 2024 kepada rakyat.

Uniknya, Stephanie sendiri belum pernah menggunakan hak suaranya. Hal ini karena pada Pemilu 2019 lalu, ia memang masih berusia 16 tahun.

Baca Juga: Disorot Gegara Nyinyirin Anies, Ini Rekam Jejak Ruhut di Kancah Politik

Stephanie mengaku bahwa ia mengingat momen debat presiden yang ia saksikan bersama keluarga tiga tahun lalu. Sementara pada 2024 nanti, ia akan menjadi seorang pemilih pemula.

Meskipun demikian, sepasang maskot bernama Sura dan Sulu hasil rancangannya berhasil memenuhi tujuan KPU RI untuk menggelorakan rangkaian Pemilu 2024.

Melalui podcast yang dipandu oleh Reni Rinjani di kanal YouTube KPU RI pada Kamis, 15 Desember 2022, Stephanie menceritakan kisah lahirnya dua maskot tersebut.

Mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita itu awalnya hanya mengerjakan tugas mata kuliah menggambar digital.

Karena bertepatan dengan kompetisi desain maskot oleh KPU RI, dosen Stephanie kemudian menghimbau agar mahasiswa mengerjakan tugas sekaligus mengikutsertakan karyanya dalam lomba.

Setidaknya, sebanyak 500 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti kompetisi tersebut. Satu peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 3 karya.

Saat itu, desain maskot yang dikumpulkan oleh peserta sangat beragam. Ada yang berbentuk hewan, jari kelingking, padi, hingga timbangan.

Baca Juga: Bikin Kaget! Ternyata Ini Sejarah Kembang Api di Malam Tahun Baru

Dari 681 desain yang masuk, rancangan milik Stephanie rupanya terus melaju ke 26 besar, 10 besar, hingga akhirnya memenangkan hati juri dan keluar sebagai juara 1.

Keberhasilannya telah membayar lunas waktu 2 bulan yang ia habiskan untuk mempersiapkan karya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat