bdadinfo.com

4 Fakta Terkait Update Gempa Malang Hari Ini - News

Ilustrasi gempa Malang 4,8 magnitudo  (Ist)

- Peristiwa gempa Malang terjadi sekira pukul 01:05 WIB pada Rabu, 21 Desember 2022. BMKG menyebut gempa itu berkekuatan magnitudo 4.8 skala richter.

Adapun gempa Malang diperkirakan berpusat di perairan Malang, Jawa Timur. 

Berikut sederet fakta gempa Malang yang dirangkum oleh  dari BMKG:

1. Tidak berpotensi Tsunami

"Tidak berpotensi tsunami," demikian keterangan BMKG.

Lokasi gempa berada di titik kordinat 8.89 derajat Lintang Selatan dan 112.46 derajat Bujur Timur, sekitar 84 km sebelah barat daya Malang.

Baca Juga: Kerusuhan Tahun 1998, Mbak Tutut Soeharto Dalami Alquran Demi Redam Amarah Atas Ketidakadilan

Baca Juga: Bikin Baper, Pemuda Pancasila Ditangisi Siswa SDN Pondok Cina: Om Sayang Kalian

Sedangkan Titik koordinat gempa tercatat di 8,90 Lintang Selatan (LS) dan 112,48 Bujur Timur (BT). Sedangkan wilayah yang merasakan getaran gempa kali ini meliputi daerah Trenggalek, Karangkates, Blitar dan Lumajang.

2. Kemungkinan bisa terjadi gempa susulan

Sebagai upaya antisipasi adanya gempa susulan, Kepala BPBD Kabupaten Malang M. Nur Fuad meminta masyarakat menghindari bangunan- bangunan yang dinilai cukup membahayakan bagi keselamatan.

"Masyarakat kami minta menghindar bangunan-bangunan yang disinyalir tidak tahan terhadap guncangan gempa seperti bangunan yang rapuh, retak, atau bangunan yang umurnya sudah tua," kata Fuad pada Rabu 21 Desember 2022 ke wartawan.

3. Tidak menyebabkan kerusakan

BPBD Kabupaten Malang menyebut gempa berkekuatan magnitufo 4,8 dini hari tadi tidak menyebabkan kerusakan. Hal itu dipastikan berdasarkan hasil asesmen tim di lapangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat