bdadinfo.com

Pemko Pariaman Serahkan Bantuan Perumahan Swadaya di 5 Desa untuk Masyarakat Prasejahtera  - News

Pemko Pariaman Serahkan Bantuan Perumahan Swadaya di 5 Desa untuk Masyarakat Prasejahtera 

- Pemerintah Kota Pariaman menyerahkan bantuan perumahan swadaya untuk masyarakat prasejahtera di daerah itu, Jumat 23 Desember 2022.

Penyerahan langsung oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar. Diserahkan Wako 111 unit perumahan swadaya 2022 bagi masyarakat di 5 desa, Kecamatan Pariaman Selatan dan Pariaman Utara.

Kegiatan itu diatandai dengan penyerahan kunci secara simbolis kepada Kepala Desa dan perwakilan ketua kelompok penerima bantuan, di Balairung Kantor Wali Kota Pariaman.

Baca Juga: Lanjutkan Transformasi Digital, Bank Mandiri Buka Cabang Baru di Kota Pariaman

Secara terinci bantuan yang disrahkan itu, di Desa Balai Naras sebanyak 28 unit, Desa Manggung sebanyak 19 unit, Desa Tungkal Selatan sebanyak 19 unit, Desa Sikapak Timur16 unit, Desa Punggung Lading sebanyak 29 unit. 

Dana untuk bantuan oerumahan swadaya 2022 sebesar Rp50 juta, Rp20 juta dari Kementerian PUPR dan Rp30 juta dari dana APBD Kota Pariaman.

Dan ditambah swadaya masyarakat penerima bantuan, dapat  berbentuk dana, bahan material maupun tenaga tukang.

Kualitas rumah swadaya ini harus lebih baik dan lagi syarat rumah layak itu harus ada sanitasinya, juga jamban/wc nya.

"Pemerintah Kota Pariaman terus berupaya membantu masyarakat yang tidak mampu," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar.

Dan tahun depan akan ada  bantuan sebanyak 1.000 WC. Wali kota juga mengapresiasi kinerja kepala desa sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim LH, Feri Andri mengatakan, tahun 2023  ada bantuan dari kegiatan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk Peningkatan Kualitas (PK) sebanyak 76 unit rumah yang tersebar di 35 desa pada 4 Kecamatan di Kota Pariaman, kini sedang verifikasi pihak Balai Provinsi.

Saat ini rumah yang masuk dalam kawasan permukiman kumuh di Kota Pariaman masih sekitar 120 unit lagi. (*)

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat