bdadinfo.com

Profil Thom Haye: Pemain Naturalisasi Teranyar Timnas Indonesia, Siap Mentas di Piala Asia 2024? - News

Thom Haye (Instagram @thomhaye)

- PSSI akhirnya resmi menaturalisasi salah satu pemain keturunan Indo-Belanda, untuk membela Timnas Indonesia senior dalam persiapan ajang Piala Asia 2024 mendatang.

Ini menjadi kabar baru yang mungkin dinantikan bagi pecinta sepakbola Indonesia, tatkala Timnas Indonesia sedang mempersiapkan diri dengan menjalani latihan di Turki.

Pemain tersebut bernama Thom Haye, yang saat ini memperkuat Klub Utama Liga Belanda, Heerenveen ternyata memiliki darah keturunan Indonesia yang Kakeknya berasal dari Sulawesi Utara.

Baca Juga: Melihat Sepak Terjang Selvi Ananda, Istri Gibran Rakabuming dari Putri Solo Menuju Istana Wapres

Pemain kelahiran Amsterdam, 9 Februari 1995, sudah bermain di berbagai klub Eropa seperti Willem II, Lecce FC, ADO Den Haag, NAC Breda, and terakhir club Heerenveen.

Thom yang pernah memulai karir di klub akademi AFC dan AZ Alkmaar, akhirnya berhasil mendapat kontrak pertama di Klub Belanda, AZ Alkmaar pada bulan Februari 2011.

Beliau memulai debut profesional pada tanggal 23 Februari 2014, ketika menghadapi AFC Ajax dengan skor kekalahan 0–4, datang sebagai pemain pengganti pada menit 70, menggantikan Celso Ortíz.

Thom juga akhirnya berhasil mencetak gol perdana, saat menghadapi EVV dalam ajang Piala Belanda pada tanggal 24 September 2014, dimana Thom berhasil membawa timnya meraih kemenangan dengan skor 1 - 0.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Ikan Pari Jawa: Spesies yang Punah dan Terakhir Ditemukan 100 Tahun Lalu

Setelah itu, karirnya mulai melesat dan menjadi pemain inti pada musim 2015–16, sebelum akhirnya memulai debut di kompetisi Eropa yaitu, UEFA Europa League pada musim 2016–17.

Hingga akhirnya, Thom memutuskan untuk pindah ke Willem II selama 2 musim, dari tahun 2016 - 2018, dan telah mencatatkan sebanyak 65 penampilan, dengan mengemas 5 gol.

Dari Willem II, Thom pindah ke Liga Italia untuk memperkuat Klub Serie B, Lecce dengan durasi kontrak 2 tahun, dan memulai debut saat menghadapi Feralpisalo di ajang Coppa Italia pada tanggal 7 August 2018,

Thom memulai debut Serie B pada tanggal 25 September 2018, saat menghadapi Livorno dengan meraih kemenangan dengan skor 3-0, meskipun tampil di babak kedua sebagai pemain pengganti.

Baca Juga: Disebut Bakal Peletakan Batu Pertama di 19 Desember 2023, Begini Progres Proyek Besar Jembatan Layang Sitinjau Lauik Sumatera Barat

Sehingga, Thom Haye telah bermain sebanyak 13 kali dalam ajang Serie B, dan akhirnya berhasil membawa Klub Lecce untuk bermain di kasta tertinggi Serie A pada musim 2019-2020.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat