bdadinfo.com

Indonesia Melaju Ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Inilah Sistem Pertandingan untuk Bisa Lolos Ke Piala Dunia 2026 - News

Jadwal Timnas Indonesia di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.* (Instagram @erickthohir)


- Dengan berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2 - 0 pada Selasa, 11 Juni 2024 lalu, membuat Timnas Indonesia bisa lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Indonesia berhasil mempertahankan posisi kedua dengan Raihan 10 poin, dan lolos Bersama Irak, yang mengoleksi 18 poin, atau meraih 6 kemenangan beruntun selama bermain di Putaran Kedua.

Dengan begitu, Indonesia lolos sebagai Runner-Up Grup F dengan Irak, sehingga peluang Garuda untuk bisa melangkah lebih jauh ke Piala Dunia makin terbuka dan berat secara bersamaan.

Baca Juga: Daftar 5 Jalan Tol Baru di Luar Jawa Sajikan Panoramanya Sangat Indah Seperti Permadani yang Digelar: Nomor. 1 Jadi Ikon Baru di Sumatera Barat

Di satu sisi, undian untuk Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, nantinnya akan dilaksanakan pada Kamis, 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kini, Indonesia akan tampil di Putaran Ketiga Bersama dengan 17 Negara Asia lainnya, yang merupakan langganan di Piala Dunia seperti Jepang, Korea Selatan, Iran, Arab Saudi dan Australia.

Seperti yang disebutkan, Timnas Indonesia Bersama 17 tim, akan dibagi ke dalam 3 grup yang berisikan 6 tim. Lalu pembagian pot undian bakal ditentukan melalui peringkat FIFA masing-masing negara.

Alhasil, Indonesia masuk Pot 6 untuk Undian, dimana Timnas menghadapi 5 negara lain, yang satu tim dari masing-masing pot, dan berdasarkan Undian.

Berikut pembagian pot undian pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga:

Pot 1 : Jepang, Iran dan Korea Selatan
Pot 2 : Australia, Qatar dan Irak
Pot 3 : Arab Saudi, Uzbekistan dan Yordania
Pot 4 : Uni Emirat Arab, Oman dan Bahrain
Pot 5 : China, Palestina dan Kirgisztan
Pot 6 : Korea Utara, Indonesia dan Kuwait

Baca Juga: Waduh! Jalan Tol di Sumatera Selatan Disebut Banyak yang Sudah Rusak Padahal Belum Diresmikan, Ratusan Km JTTS di Sumsel Tidak Layak?

Indonesia akan satu grup dengan perwakilan dari Pot 1 sampai 5, dan Skenario yang harus dihindari adalah, jika satu grup dengan Jepang, Australia, dan Arab Saudi.

Begitu juga dengan Iran dan Korea Selatan, yang tidak hanya langganan 4 tahunan tersebut, tetapi juga menjadi kandidat penting saat Piala Dunia berlangsung.

Untuk pertandingan di Putaran Ketiga nanti, akan dimainkan sebanyak 10 kali dengan sistem Kandang - Tandang, yang akan dimulai pada awal September 2025 mendatang.

Inilah jadwal pertandingan untuk Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, sebagai berikut :

Pertandingan Ke 1 : Tanggal 5 September 2024
Pertandingan Ke 2 : Tanggal 10 September 2024
Pertandingan Ke 3 : Tanggal 10 Oktober 2024
Pertandingan Ke 4 : Tanggal 15 Oktober 2024
Pertandingan Ke 5 : Tanggal 14 November 2024
Pertandingan Ke 6 : Tanggal 19 November 2024
Pertandingan Ke 7 : Tanggal 20 Maret 2025
Pertandingan Ke 8 : Tanggal 25 Maret 2025
Pertandingan Ke 9 : Tanggal 5 Juni 2025
Pertandingan Ke 10 : Tanggal 10 Juni 2025

Baca Juga: Hati-hati! Jangan Berlebihan Konsumsi Daging Saat Momen Hari Raya Idul Adha: Salah Satunya Bisa Bikin Bau Badan, Nih Buktinya

Untuk Putaran Ketiga, Juara dan Runner Up Grup A, B dan C, dipastikan akan lolos langsung ke Piala Dunia 2026, sementara untuk Peringkat ke 3 dan 4 Grup A, B dan C harus bersaing di Putaran Keempat.

Putaran Keempat akan dibagi lagi menjadi Grup A dan B, yang berisikan 3 tim, sehingga Juara Grup A dan B nantinnya dipastikan akan lolos langsung ke Piala Dunia 2026.

Sementara untuk Runner-Up Grup A dan B, masih harus bersaing di putaran Kelima yang akan bertanding pada Bulan November 2025 mendatang, untuk penentuan lolos ke Piala Dunia 2026.

Keingingan Pendukung Timnas Indonesia, untuk bisa melihat timnya melangkah lebih jauh, dan Lolos ke Piala Dunia menjadi harapan yang akan segera diwujudkan.

Tetapi proses untuk melihat Garuda berkibar di ajang Sepakbola tertinggi di Dunia, baru saja dimulai saat akan memulai perjuangan di Putaran Ketiga mendatang.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat