bdadinfo.com

Banding Diterima! Pesilat Wanita Indonesia Safira Dwi Meilani Resmi Sabet Medali Emas SEA Games 2023 - News

Sosok Safira Dwi Meilani yang akhirnya menyabet emas di cabang Pencak Silat Putri SEA Games 2023 usai bandingnya diterima. (Tangkap layar Instagram/@safiradwimeilani)

- Pencak Silat di SEA Games 2023 sedang menjadi sorotan. Pasalnya, pesilat putri andalan Indonesia Safira Dwi Meilani menang banding dan berhasil menyabet emas pada perhelatan akbar tersebut.

Keberhasilan pesilat wanita Indonesia Safira Dwi Meilani dikonfirmasi langsung oleh Manajer Pencak Silat Indonesia, Wahyu Yuniartoto.

Menurutnya, Safira Dwi Meilani dipastikan meraih emas setelah mengalahkan pesilat asal vietnam Nguyen Huang An saat bertanding kelas B di Chroy Changvar International Convention Center Kamboja.

Baca Juga: Bikers Belum Punya SIM? Buruan Datang Ke Polresta Padang, Prosesnya Mudah dan Murah Loh!

“Pada pertandingan Indonesia melawan Vietnam, ada satu indikasi bahwa wasit juri mengalami human error. Artinya dia tidak tahu aturan atau ketentuan perbedaan antara gerakan menarik dan kuncian," kata Wahyo.

Bisa dibilang kejadian ini memang sarat dengan Human Error. Melansir dari akun twitter @ainurohman, secara poin Safira memang unggul daripada pesilat asal Vietnam tersebut.

Posisi poin Safira sudah memimpin 61-43 dan hanya tinggal menyisakan waktu 18 detik saja. Namun tiba-tiba Wasit mendiskualifikasi Safira Dwi Meilani.

Alasan wasit yang berasal dari Malaysia itu awalnya melihat Safira berbalik badan dan meringis kesakitan. Karena itu, Wasit menganggap Safira berteriak kesakitan usai menerima serang dari pesilat Vietnam.

Baca Juga: Informasi Cuaca Terbaru di Wilayah Banda Aceh, Denpasar, dan Serang pada 11 Mei 2023, Potensi Hujan di Siang

Memang menurut peraturan yang ada hal tersebut dilarang. Tapi kenyataannya Safira tidak berteriak, dia cuma berbalik badan dan meringis. Safira baru menangis ketika wasit asal Malaysia itu mendiskualifikasi dirinya.

Tentu saja Safira kecewa, dirinya dan seluruh jajaran tim pencak silat Indonesia segera mengajukan banding atas insiden ini.

Alhasil banding pun dikabulkan dan Indonesia berhasil membawa pulang medali emas SEA Games 2023 dari ajang Pencak Silat putri. Perolehan emasnya pun merupakan emas ke 33 bagi Indonesia.

Baca Juga: Tembiluk: Kuliner Ekstrem Bergizi Tinggi yang Dipercaya Dapat Obati Malaria dan Berbagai Penyakit

Wanita kelahiran Kudus 18 Mei 2000 ini diketahui mempunyai sejumlah capaian prestasi yang membanggakan selain medali emas SEA Games 2023. Safira pernah menyabet gelar juara dunia pada ajang 19th World Pencak Silat Championship 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat