bdadinfo.com

Gol dari Drop Ball Ramadhan Sananta di Final Sea Games 2023 Jadi Kontroversi, Begini Regulasinya - News

Ramadhan Sananta menjadi pencetak gol terbanyak Indonesia, golnya di final sempat membuat kontroversi. (Tangkap layar Instagram/@m.ramadhansn)

Timnas Indonesia membabat habis Thailand dalam laga Final SEA Games 2023 Cabor sepak bola, Selasa, 16 Mei 2023. Indonesia menang dengan skor 5-2 lewat perpanjangan waktu.

Muhamad Ramadhan Sananta jadi bintang Timnas Indonesia dalam laga final SEA Games 2023 ini. lewat dwigolnya, Indonesia sempat memimpin pertandingan sebelum disamakan Thailand di penghujung babak kedua.

Namun, gol kedua Ramadhan Sananta sempat menjadi kontroversi. Pemain Thailand melancarkan protes pada wasit karena menganggap gol yang berasal dari drop ball itu tidak sah.

Baca Juga: Prediksi Skor Basel vs Fiorentina Semifinal Liga Konfederasi, Daftar Head to Head Hingga Susunan Pemain

Sebelumnya, wasit menghentikan pertandingan karena melihat pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, kesakitan tepat di depan area kotak penalti Indonesia.

Bola tidak dibuang keluar baik oleh pemain Timnas Indonesia maupun Thailand. Alhasil, wasit mengambil bola tersebut dan meminta tim medis Indonesia segara masuk lapangan.

Usai Witan mendapat perawatan, wasit memberikan bola drop ball pada Indonesia sebab sentuhan terakhir sebelum bola diambil wasit berada pada penguasaan pemain Indonesia.

Bola lantas ditendang menjauh ke area pertahanan Thailand oleh kapten Timnas Indonesia, Rizki Ridho. Namun, Ramadhan Sananta ternyata mengejar bola tersebut.

Baca Juga: Ngaku Ikut Ngerasain Prank Wasit Pertandingan Indonesia VS Thailand, Jokowi: Saya Juga Keliru, Kaget

Terpantau sempat terjadi kebingungan koordinasi pertahanan Timnas Thailand antara harus menjaga pergerakan Ramadhan Sananta atau membiarkan saja.

Bola akhirnya sempat dikejar pemain Timnas Thailand dengan sedikit canggung hingga akhirnya tidak bisa menguasai dengan sempurna.

Melewati kepala satu orang bek Thailand, Ramadhan Sananta berhasil mencocor bola yang sebenarnya juga masih dalam jangkauan bek Thailand lain.

Kiper Thailand juga nampak telah maju dari areanya. Bola chop yang dikirim Sananta akhirnya tak mampu dijangkau kiper Thailand.

Pemain Thailand memprotes hal tersebut sebab wasit mensahkan gol Sananta. Namun, jika ditinjau dari Laws of The Game, gol Sananta nyatanya memang sah. Berikut penjelasannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat