bdadinfo.com

Resmi! Kalender F1 2024 Telah Diumumkan, Banyak Kejutan di F1 Musim Depan - News

Balapan pembuka musim F1 di Bahrain (totalmotosport)

 

- Kalender F1 musim 2024 telah resmi diumumkan pada Rabu, 5 Juli 2023 kemarin.

Dalam kalender F1 musim 2024, jumlah balapan akan mencapai 24 balapan yang berarti memecahkan rekor jumlah seri terbanyak dalam satu musim di mana pada tahun-tahun sebelumnya hanya ada 22 balapan.

F1 musim 2024 akan dimulai pada 2 Maret di GP Bahrain dan berakhir pada 8 Desember di Abu Dhabi.

Baca Juga: Tangkal Drone Korea Utara, Korea Selatan Bakal Pasang Sistem Anti-UAV

Dua balapan awal F1 2024 di Bahrain dan Arab Saudi yang biasanya digelar di hari Minggu, dipindah ke hari Sabtu karena menyesuaikan jadwal untuk menghindari bentrok dengan bulan Ramadhan. 

Maka dengan pemindahan GP Bahrain dan Arab Saudi di hari Sabtu, akan ada tiga balapan yang digelar di hari Sabtu karena GP Las Vegas juga menggelar balapan pada hari itu juga.

GP Tiongkok resmi kembali untuk 2024 setelah 4 tahun berturut-turut dibatalkan karena pandemi COVID-19. Untuk mempermudah logistik, GP Jepang yang biasanya digelar pada Oktober, dipindah ke bulan April dan digelar sebelum GP Tiongkok.

Baca Juga: Resep Mie Ayam Bangka: Kenyal, Gurih, dan Nikmat

Sedangkan GP Azerbaijan yang biasanya digelar di bulan April atau Juni, dipindah ke bulan September setelah GP Italia. Lalu Qatar yang tahun ini digelar pada Oktober, dipindah menjadi sebelum seri penutup di Abu Dhabi untuk musim 2024.

F1 telah menyatakan keinginannya untuk bergerak menuju regionalisasi kalender yang lebih besar, mengurangi beban logistik dan membuat musim 2024 menjadi lebih efisien.

“Saya dengan senang hati mengumumkan kalender 2024 dengan 24 balapan yang akan memberikan musim yang menarik bagi para penggemar kami di seluruh dunia.” ujar Stefano Domenicali, presiden dan CEO F1 dilansir situs resmi F1.

“Perjalanan kami menuju kalender yang lebih berkelanjutan akan terus berlanjut di tahun-tahun kedepannya seiring dengan upaya kami untuk merampingkan operasi sebagai bagian dari komitmen Net Zero 2030.” tambahnya.

Mohammed Ben Sulayem mengatakan bahwa kalender F1 2024 yang direncanakan telah disetujui oleh anggota World Motorsport Council.

Baca Juga: Israel Kembangkan Drone untuk Petik Apel Matang dari Pohon, Pekerjaan Manusia Hilang Lagi?

Berikut adalah kalender balap F1 musim 2024:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat