bdadinfo.com

Israel Kembangkan Drone untuk Petik Apel Matang dari Pohon, Pekerjaan Manusia Hilang Lagi? - News

Perusahaan teknologi Tevel asal Israel menciptakan drone untuk memetik apel yang sudah matang dari pohon (Twitter @TansuYegen)

- Perusahaan teknologi asal Israel yaitu Tevel Aerobotics Technologies memberikan inovasi drone yang bisa memetik buah apel yang sudah matang dari pohon secara otomatis.

Tevel berusaha memecahkan masalah minimnya tenaga kerja muda yang mau bekerja memetik buah di industri pertanian karena kecilnya pendapatan dan keharusan memiliki fisik yang kuat.

Drone pemetik apel ini juga terus dikembangkan untuk menjadi solusi meningkatkan kecepatan panen walaupun ada faktor alam yang menghalangi sehingga hasil panen tetap maksimal.

Baca Juga: Duet Ronaldo - Salah Bakal Terwujud di Al Nassr? Gila, Sih!

Penggunaan drone diharapkan bisa mempersingkat waktu dalam proses panen serta menghindari resiko bagi para pekerja panen yang bisa mengalami kelelahan atau terhalang cuaca ekstrem.

Kurang sigap dan cepatnya pekerja manusia dalam memanen buah dari pohon yang berukuran 3 kali tinggi orang dewasa juga bisa diatasi dengan penggunaan drone.

Baca Juga: Kreasi Masakan: Pedasnya Nampol Rasanya Nikmat! Intip Resep Balado Telur ala Chef Rudy

Drone ini dibekali dengan kecerdasan buatan yang bisa menganalisa buah yang sudah matang maupun yang belum serta memilih buah dengan kualitas baik dari segi bentuk dengan menganalisa gambar yang ditangkap oleh kamera.

Selain drone, perusahaan Tevel juga mengembangkan algoritma yang bisa memprediksi waktu yang optimal bagi tanaman untuk melakukan polinasi.

Baca Juga: 1 Tahun Air Ev Mengaspal di Indonesia, Wuling Bagi Keseruan Lewat #ThisIsMyEVWay

Ofri Yongrman seorang petani di Israel merasa sangat terbantu dengan adanya teknologi-teknologi tersebut.

"Teknologi telah menyebar luas di berbagai aspek pertanian seperti penggunan sensor untuk mengukur berbagai hal hingga drone untuk membantu pekerjaan, dan monitoring yang akurat terhadap data," ujar Ofri.

Baca Juga: Sharing Ilmu Terkait Pemerintahan Berbasis Elektronik, DPRD Dumai Kunjungi Diskominfo Bukittinggi

Apakah menurut Anda pengggunaan drone ini efektif dan memberikan manfaat bagi banyak orang atau hanya memberikan dampak buruk dengan menghilangkan pekerjaan orang lain?.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat