bdadinfo.com

Mengintip Kemegahan Stadion Lusail, Venue Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis - News

Stadion Lusail yang akan digunakan pada partai final Piala Dunia 2022, 18 Desember 2022.

- Dalam akun Twitter resmi FIFA @FIFAWorldCup mengunggah video berdurasi satu menit tentang sebuah stadion yang akan dipakai untuk partai final nanti malam, Minggu, 18 Desember 2022.

Pada caption tweetnya, @FIFAWorldCup menuliskan Lusail Stadium, venue untuk partai final kita. Unggahan tersebut di-tweet akun @FIFAWorldCup pukul 9.15 WIB, Minggu 18 Desember 2022.

Stadion Lusail akan menjadi saksi laga final ajang sepak bola terbesar di dunia, namun sebelum digunakan sebagai tempat digelarnya partai final, stadium ini sudah lebih dulu menjadi venue laga-laga di babak penyisihan grup hingga babak semifinal beberapa hari yang lalu.

Baca Juga: Jelang Final Piala Dunia 2022, Prancis Merasa Dikhianati Rakyatnya Sendiri, Ada Apa?

Stadion ini terletak kurang lebih 20 km (12 mil) dari utara Doha, Ibu Kota Qatar.

Pemilik dari stadion ini adalah Asosiasi Sepak Bola Qatar dan termasuk sebagai stadion terbesar yang ada di Qatar dan menjadi satu dari delapan stadion yang digunakan untuk venue Piala Dunia 2022 oleh FIFA.

Stadion ini didesain oleh firma arsitek Foster+Partner asal Inggris dan memakan waktu kurang lebih empat tahun dalam pembangunannya.

Baca Juga: Prediksi Final: Argentina vs Prancis, Kilas Balik Sama-sama Dua Kali Menang Piala Dunia

Seperti stadion-stadion lainnya yang digunakan untuk Piala Dunia 2022, Stadion Lusail juga menggunakan sistem pendingin menggunakan tenaga surya sehingga diklaim tidak menghasilkan limbah karbon sedikit pun.

Stadion ini memiliki kapasitas bangku penonton sekitar 80.000 atau tepatnya 88.966 bangku penonton. Kapasitas bangkunya yang besar menjadikan Stadion Lusail menjadi venue terbaik untuk laga final. Namun, seusai rangkaian pertandingan Piala Dunia Qatar, stadion ini akan mengurangi bangku penontonnya lebih dari setengahnya.

Diketahui nantinya, Stadion Lusail akan direkonstruksi dengan hanya memiliki kapasitas penonton 40.000 saja. Beberapa bangku penonton sisanya yang tidak terpakai nantinya akan dihilangkan dan bagian-bagian dalam stadion akan dibangun ruang komunitas seperti toko, café, fasilitas pendidikan dan olahraga, juga klinik kesehatan.

Baca Juga: Bukan Main, Ini Selebriti Dunia yang Mendukung Messi dan Argentina di Final Piala Dunia 2022!

Desain arsitektur bangunanya terinspirasi dari mangkuk atau bejana khas Arab dan memiliki sentuhan islami.

Partai final Piala Dunia 2022, akan ditayangkan pukul 22.00 WIB pada Minggu, 18 Desember 2022 dan mempertemukan dua negara besar sepak bola yaitu Argentina dan Prancis.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat