bdadinfo.com

3 Cara Ampuh Atasi HP Xiaomi yang Alami Main Menu Recovery 3.0, Pasti Langsung Normal - News

Ilustrasi (Bungdus.com)





HARIANHALUAN.COM - Sebagian pengguna HP Xiaomi pasti pernah mengalami Main Menu mode Recovery 3.0 yang muncul pada layar.

Hal ini bisa saja terjadi saat pengguna HP Xiaomi tidak sengaja menekan tombol power dan volume up sehingga muncul layar Main Menu Recovery 3.0.

Tapi banyak juga beberapa masalah yang dialami pengguna HP Xiaomi, bahwa penyebab dari munculnya Main Menu Recovery 3.0 karena pembaruan sistem MIUI yang tidak tuntas atau mengalami bug.

Jika pengguna HP Xiaomi mengalami kejadian serupa, tak perlu panik dan khawatir apalagi sampai berniat bawa ke service center. Ternyata ada sebuah cara bagaimana mengatasi Main Menu tersebut.

Baca Juga: Kinerja Terbaik Tahun 2022, Bank Nagari Syariah Cabang Padang Raih Dua Penghargaan dari Kantor Pusat

Cara ini tidak hanya digunakan khusus HP Xiaomi saja, tetapi bisa dicoba untuk Redmi dan Poco. Karena kedua merek itu juga sama-sama menggunakan User Interface (UI) bernama MIUI. Sudah pasti seluruh pengaturannya kurang lebih sama.

Dilansir News dari Youtube Kadek Gadget, berikut adalah beberapa cara ampuh atasi HP Xiaomi yang alami main menu recovery 3.0, dijamin HP pasti langsung normal kembali.

1. Gunakan tombol Power atau On/Off

Jika tampilan layar HP Xiaomi tertera main menu dan tiga pilihan seperti Reboot, Swipe data dan Connect to Mi/Assistan, coba gunakan cara yang satu ini.

Baca Juga: Mau Beli HP Xiaomi? Sabar Dulu, Xiaomi Redmi Note 12 Akan Segera Rilis Ini Spesifikasinya

Tekan tombol power yang terletak di bagian kanan HP hingga 10 detik. Secara otomatis ponsel akan mengalami rebooting. Tanda-tandanya yaitu HP mengalami getar lalu muncul logo 'Redmi', 'Poco' atau 'Mi'.

Tunggu sebentar sampai proses rebooting selesai, kemudian akan muncul logo MIUI dan tampilan HP akan hidup normal kembali.

2. Gunakan salah satu fungsi dari Main Menu, yaitu Reboot

Apabila cara nomor 1 belum berhasil, masih ada alternatif lain. Yaitu dengan memilih salah satu menu dari tiga yang ditampilkan pada layar.

Saat muncul main menu recovery 3.0, terdapat tiga pilihan menu yaitu Reboot, Swipe Data dan Connect to Mi/Assistant.

Karena ingin menghidupkan HP kembali secara normal, maka pilih Reboot dalam menu tersebut. Gunakan tombol volume up atau down yang berfungsi untuk memilih navigasi atas atau bawah. Sedangkan tombol power berfungsi sebagai enter atau select.

Baca Juga: Partai Gerindra ke Sandiaga Uno: Mau Gabung PPP Ya Monggo, Legowo?

Setelah memilih Reboot, akan muncul pilihan berikutnya yaitu Reboot to System dan Back to Main Menu. Silakan pilih Reboot to System.

Secara otomatis HP akan mengalami proses rebooting dan menunggu lebih dahulu. Jika muncul tampilan logo serta MIUI, bisa dipastikan HP telah hidup normal kembali.

3. Biarkan HP Reboot sendiri

Cara ketiga ini juga tergolong ampuh apabila dua cara di atas tadi belum kunjung berhasil.

Yakni dengan membiarkan HP alami proses rebooting tanpa mengutak-atik pilihan Main Menu. Biasanya saat didiamkan, pada tampilan main menu pertama akan beralih otomatis pada tampilan main menu kedua. Jika sudah dalam tahap tersebut, tunggu HP mengalami rebooting sampai muncul logo HP dan MIUI.

Untuk cara yang ketiga ini memang tergolong lebih lama, dibutuhkan waktu hingga 10 menit untuk menunggu ponsel kesayangan melakukan rebooting tanpa tindakan dari si pengguna.

Itu dia cara ampuh atasi HP Xiaomi yang alami Main Menu Recovery 3.0, bisa lakukan sendiri di rumah pasti langsung normal.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat